Ini Total Perolehan Medali Sulsel Selama Pra-PON XIX – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Ini Total Perolehan Medali Sulsel Selama Pra-PON XIX

FAJAR.CO.ID, , MAKASSAR — Selama pelaksanaan Pra­Pekan Olahraga Nasional (PraPON) XIX di berbagai daerah Indonesia, Sulsel berhasil mendulang 59 medali. Melebihi capaian saat PON di Riau 2012 lalu.

Pada saat PON XVIII di Riau, kontingen Sulsel hanya meraih 56 medali. Terdiri atas 19 emas, 17 perak, dan 20 perunggu. Berbeda pada Pra­PON XIX, 59 medali yang disabet Sulsel terdiri atas 33 emas, 9 perak, dan 15 perunggu. Dengan hasil tersebut, setidaknya mendekati target yang dicanangkan Sulsel pada PON XIX di Jawa Barat September nanti.

Sulsel berhasrat mendulang 30­35 medali emas. Ketua Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Sulsel, Nukhrawi Nawir menjelaskan, raihan 34 medali emas selama Pra­PON belum bisa menjadi acuan prestasi Sulsel akan bagus pada PON.

“Ini belum maksimal. Belum bisa menggambarkan seutuhnya untuk PON nanti. Karena seperti basket itu perwilayah. Sementara nanti skala di PON nasional bertemu DKI dan Jatim yang kompetisinya lebih tinggi,” ucap Nukhrawi. “Ada beberapa cabor juga yang tidak ada medali disiapkan oleh PB. Seperti balap motor, dayung, dan canoeing. Hanya lolos kelas saja. Jadi belum bisa menggambarkan seperti apa perolehan nanti kita di PON,” sambungnya. Sementara itu, Pelatih basket Sulsel, Kurniawan Hazairin tidak menampik hal tersebut. Diakuinya, skala Pra­PON dan PON sangat berbeda. Bila timnya berhasil menjadi juara di kategori putri di Pra­PON bukan menjadi cerminan begitu di PON September mendatang. “Makanya, selama persiapan menuju PON, saya terus mematangkan segala sesuatunya. Syukur, tim basket putra dan putri berhasil lolos. Semoga nantinya bisa meraih hasil bagus,” tandasnya. (Muhammad Ashri Sama

Perolehan Medali Sulsel di Pra­PON XIX Emas :

Karate (empat)

Atletik (tiga)

Dansa (tujuh)

Anggar (dua)

Tinju (dua)

Layar (dua)

Kempo (dua)

Pencak Silat (enam)

Panjat Tebing (satu)

Senam (satu)

Selam (satu)

Sepak Takraw (dua)

Perak :

Karate (satu)

Atletik (dua)

Selancar Angin (dua)

Pencak Silat (satu)

Panjat Tebing (satu)

Senam (dua)

Perunggu :

– Karate (tiga)

– Dansa (dua)

– Tinju (tiga)

– Selancar Angin (satu)

– Pencak Silat (dua)

– Senam (tiga)

-Selam (satu)

(Fajaronline.com)

loading...
Click to comment
To Top