Kemenhub akan Bangun 15 Bandara di 15 Daerah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Kemenhub akan Bangun 15 Bandara di 15 Daerah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun ini akan membangun dan mengembangkan bandara baru di 15 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kepala Pusat Komunikasi (Kapuskom) Kemenhub, JA Barata menjelaskan pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi udara tersebut banyak dilakukan di wilayah terluar dan perbatasan Indonesia.

Seperti Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau ataupun Pulau Miangas, Sulawesi Utara yang terletak di perbatasan Indonesia – Filipina. Daerah timur Indonesia, seperti Maluku dan Papua.

“Kemenhub berkomitmen untuk melakukan pemerataan pembangunan guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan memperkuat daerah-daerah. Pembangunan tersebut tidak hanya terfokus di wilayah Jawa saja, namun merata ke pulau lainnya,” ujar Barata di Jakarta, Sabtu (16/1).

Selain pembangunan bandara baru, juga akan dilakukan perpanjangan landasan pacu (runway) di 27 lokasi dan rehabilitasi terminal penumpang bandara di 13 lokasi.

Untuk membangun dan mengembangkan 15 bandara tersebut, kementerian yang dipimpin oleh Ignasius Jonan ini menyiapkan dana sebesar Rp 5,83 triliun.

“Dana Rp 5,83 triliun tersebut untuk pembangunan, rehabilitasi, dan pemeliharaan prasarana bandara pada tahun Anggaran 2016,” kata Barata.(chi/jpnn)

To Top