Liverpool vs Man United : Duel Dua Tim Masa Transisi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Liverpool vs Man United : Duel Dua Tim Masa Transisi

FAJAR.CO.ID, LIVERPOOL – Jurgen Klopp tak sabar menikmati derby north west yang mempertemukan Liverpool dengan Manchester United, Minggu (17/1) besok, di Anfield. Mantan manajer Borussia Dortmund itu bahkan terang-terangan mengatakan kalau ia sangat menikmati derby.

Namun jelang pertandingan yang menegangkan tersebut, Klopp tetap berharap para pemainnya mempertahankan keseimbangan antara motivasi dan ketenangan. Ia tidak inign anak asuhnya terlalu terbawa suasana.

“Itu selalu menjadi keharusan. Tidak hanya dalam derby. Saya menyukai derby. Itu adalah garam dalam sup. Itu adalah pertandingan terbaik untuk unjuk gigi. Tentu saja Anda bisa jadi terlalu termotivasi. Itu mungkin. Anda tak perlu memikirkan motivasi dalam pertandingan semacam ini, tetapi Anda butuh keseimbangan. Itulah sepakbola,” jawab Klopp ketika ditanyai tentang pentingnya ketenangan dalam laga nanti malam.”

Klopp juga sedikit berbicara tentang taktik yang digunakan untuk menghadapi United, serta kesalahan yang mungkin dilakukan oleh The Reds.

“Jika Anda tidak melakukan hal yang tepat pada satu momen, Anda harus berlari lebih jauh. Kesalahan, Anda hanya bisa membayarnya dengan kaki Anda. Anda harus bertahan dengan baik karena mereka punya pemain-pemain brilian. Dua hari lagi, kami masih bisa bersiap-siap,” tandas Klopp.

Dalam konferensi pers lalu, Klopp mengumumkan kalau Daniel Sturridge belum pulih, begitu pula dengan Philippe Coutinho. Dejan Lovren, Joe Gomez, Danny Ings juga dipastikan absen besok Minggu.

Lini belakang sepertinya bakal diisi oleh duet Mamadou Sakho dan Kolo Toure. Alberto Moreno beraksi di sisi kiri, sementara Nathaniel Clyne di sisi kanan.

Beralih ke sudut merah yang lain, Louis van Gaal sedang dihantui isu pemecatan belakangan ini. Laga kontra Liverpool pun dikabarkan oleh The Times bakal menjadi penentu nasib sang mener bersama Red Devils.

Menanggapi hal tersebut, Van Gaal menegaskan kalau dirinya masih berada dalam masa transisi. Sang manajer juga mengatakan kalau United sudah ada di jalur yang benar dan hanya membutuhkan sedikit waktu lagi.

“Saya adalah bagian dari masa transisi, jadi saya tak bisa membayangkan bahwa kegagalan terjadi pada Manchester United. Ketika hal semacam itu bisa terjadi pada Liverpool, Manchester United juga bisa mengalaminya, tapi saya tak bisa membayangkannya karena kami sudah mengarah ke jalan yang tepat, meski mungkin dibutuhkan sedikit waktu. Tapi saya tak bisa membayangkan hal yang sama terjadi pada Manchester United. Tim ini terlalu besar, terlalu terorganisir dan kami memiliki infrastruktur dan kami terus meningkat setiap tahunnya,” kata Van Gaal, Sabtu (16/1).

Van Gaal berhasil meraih tiga kemenangan melawan Liverpool dalam tiga pertemuan sebelumnya. Namun kondisi mereka sedang buruk, bahkan hanya meraih satu kemenangan dalam delapan laga terkini di Liga Primer Inggris.

To Top