Ini lo, Pertama di Sulsel, Maros Gagas Lomba Hasil Tani – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Ini lo, Pertama di Sulsel, Maros Gagas Lomba Hasil Tani

FAJAR.CO.ID, MAROS — Asosiasi Pemerintah Desa (Apdesi) Maros menggagas lomba hasil pertanian, untuk memacu produksi padi di Butta Salewangan.

Ide itu dilontarkan Ketua Apdesi Maros Abdul Asiz. Lomba itu, diklaim pertama kalinya di Sulsel. Asiz menjelaskan, lomba itu rencananya terbagi menjadi dua kategori.

Kategori sawah tadah hujan dan sawah irigasi. Pasalnya, produksi sawah tadah hujan tentu tidak sebanyak sawah irigasi yang terus mendapat suplai air. Selain petani, Kepala Desa dan Babinsa dengan hasil padi terbanyak juga akan mendapat hadiah.

“Lomba ini bisa meningkatkan produktivitas tani, sekaligus sebagai apresiasi terhadap prestasi petani yang sukses. Ini tidak pernah kita lakukan sebelumnya. Kami harap mendapat respon positif,” jelas Asiz, saat ditemui FAJARONLINE di Sekretariat Apdesi, Senin 18 Januari.

Asiz mengaku miris mengamati kehidupan petani, utamanya petani penggarap. Dimana mereka yang menanam dan menghasilkan padi yang menjadi kebutuhan pokok, namun taraf hidup mereka sendiri tidak begitu baik.

“Pemkab Maros dan Kodim 1422 mesti terus melahirkan inovasi baru semacam ini,” ujarnya. Tahun lalu, produksi padi Maros mencapai 7,1 ton per hektar, melampaui target nasional yang hanya 5,7 ton per hektar.

Plt Bupati Maros A Herry Iskandar menyebut, dengan pendampingan yang baik dari Distan dan Kodim pencapaian itu masih bisa bertambah, hingga mencapai target 2016 sebesar 11,5 ton per hektar. (M Haris Syah/Fajaronline.com)

loading...
Click to comment
To Top