Lahh.. Bos Freeport Indonesia, M.Sjamsoeddin Mengundurkan Diri. Ada Apa Sih? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Lahh.. Bos Freeport Indonesia, M.Sjamsoeddin Mengundurkan Diri. Ada Apa Sih?

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kabar mengejutkan datang dari Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin. Maroef mengikuti jejak mantan Direktur Utama (Executive Chairman) sekaligus pendiri perusahaan Freeport-McMoRan, James R. Moffett alias Jim Bob yang mengundurkan diri dari jabatannya pada Desember 2015 lalu.

Kini, langkah serupa dilakukan Maroef Sjamsoeddin. Bos Freeport Indonesia itu resmi mengundurkan diri pada Senin (18/1/2016).

Kabar mundurnya Maroef Sjamsoeddin dari jabatannya sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia dibenarkan juru bicara PT Freeport, Riza Pratama. “Benar, beliau resign,” ujar Riza.

Awalnya, kabar mundurnya Maroef Sjamsoeddin diketahui melalui surat pemberitahuan yang ditujukan kepada seluruh karyawan Freeport Indonesia.

Dalam surat yang ditandatangani Maroef Sjamsoeddin tertanggal Senin 18 Januari 2016 itu disebutkan bahwa kontrak kerjanya sebagai Presiden Direktur Freeport Indonesia sudah berakhir.

Berikut surat pemberitahuan mundurnya Maroef Sjamsoeddin sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia.

Dengan berakhirnya masa kontrak kerja saya selama setahun sebagai karyawan pada posisi jabatan yang dipercayakan sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia dan tawaran perpanjangan dari Pimpinan Freeport McMoRan, saya telah berkirim surat pengajuan pengunduran diri sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia.

Kesempatan ini juga saya menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama yang baik dari semua pihak baik yang terkait langsung maupun tidak langsung selama saya menjalankan tugas dan fungsi yang dipercayakan oleh manajemen Perusahaan Induk sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia. [NEXT-FAJAR]

Sebelumnya, Direktur Utama (Executive Chairman) sekaligus pendiri perusahaan Freeport-McMoRan, James R. Moffett alias Jim Bob lebih dulu mengundurkan diri dari jabatannya. Jim Bob mundur sebagai imbas dari jatuhnya harga komoditas andalan perusahaan tambang yang berbasis di Amerika Serikat tersebut.

Jim Bob yang ikut mendirikan Freeport-Mcmorran pada tahun 1969 silam, resmi mundur pada hari Kamis (31/12/2015). Jim Bob digantikan oleh Direktur Independen Gerald J Ford. Sementara Richard C Adkerson tetap di posisi CEO.

Meski sudah mengundurkan diri, Jim Bob tetap digaji oleh Freeport sebesar USD 1,5 juta atau sekitar Rp 20 miliar per tahun sebagai konsultan. Jim Bob juga akan menerima uang pesangon sebesar USD 16,1 juta atau sekitar Rp 209 miliar.

Freeprot adalah salah satu produsen terbesar emas dan tembaga di dunia. Sepanjang 2015, harga kedua komoditas tersebut terus terjun bebas yang membuat pihak Freeport terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja besar-besaran terhadap karyawannya.

Di bursa, harga saham Freeport-McMoRan juga terus merosot. Hari ini saja, harga saham perusahaan yang memiliki operasi tambang emas di Indonesia itu turun hingga 61 sen atau sekitar 8,1 persen menjadi USD 6,95 per lembar.

Pada bulan Agustus lalu, Freeport mengumumkan rencana efisiensi besar-besaran yang mencakup pemotongan belanja, produksi dan sekitar 10 persen dari tenaga kerjanya.

(one/pojoksatu)

loading...
Click to comment
To Top