Reposisi Nasdem Buat Pulik Bertanya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Reposisi Nasdem Buat Pulik Bertanya

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Bersih-bersih kader yang dilakukan DPW Nasdem Sulsel mendapat respons publik. Sebab proses reposisi tersebut menimbulkan gejolak dan perlawanan internal Nasdem.

Pengamat politik Unismuh, Arqam Azikin menilai konflik internal Nasdem menjadi dinamika yang hampir dirasakan semua parpol saat ini. Yang menarik menurut dia, karena Nasdem tidak memiliki pola rekrutmen jelas.

Seperti halnya di Gerindra, dua partai itu masih sangat mengandalkan figur dan ketokohan pendiri, Surya Paloh dan Prabowo Subianto. Maka semua reposisi kepengurusan menjadi kendali penuh DPP.

“Sebagai partai modern, mereka seharusnya lakukan pola perekrutan terbuka. Publik berhak menuntut itu karena parpol bukan milik pengurus, tapi milik publik. Kalau publik tidak puas, mereka ditinggalkan,” ujar Arqam, Senin 18 Januari.

Kondisi demikian bisa merugikan dua partai ini jelang pileg mendatang. Sebab masyarakat sebagai pemilik suara, tidak mengetahui parameter mereka menentukan pengurus dan struktur partai. Mumpung menurutnya, partai tersebut masih memiliki tokoh sentral yang bisa jadi perekat.

Berbeda dengan parpol lain yang dilanda dualisme kepengurusan, lantaran tidak ada lagi figur pemersatu didalamnya. “Justru di era Pak Surya Paloh atau Prabowo ini, mereka melakukan pola modernisasi partai. Tidak boleh hanya nunjuk-nunjuk kalau mau disebut modern,” katanya. (nasrun nur/zainuddin saleha/FAJARONLINE)


 

 

To Top