Ternyata Afif Pernah Terlibat Kontak Senjata dengan Polisi Aceh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Ternyata Afif Pernah Terlibat Kontak Senjata dengan Polisi Aceh

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Afif alias Sunakim, ternyata pernah kontak senjata dengan jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Aceh. Pria yang pernah tinggal di Karawang, Jawa Barat, itu merupakan pelaku teror di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1) lalu.

Hal itu diungkapkan Kabid Humas Polda Aceh Kombes T Saladin, Minggu (17/1). Saat itu Saladin masih menjabat sebagai Kapolres Bireuen.

T Saladin menyebutkan, Afif diketahui pernah menjalani pelatihan teror di perbukitan Jalin Jantho, Aceh Besar. Kelompoknya pernah diserang dan dikejar polisi di kawasan hutan pedalaman Aceh Besar akhir Febuari 2010.

“Saya pernah melakukan pengejaran terhadap mereka di Bireuen. Mereka lari ke Medan, setelah diketahui pernah melakukan latihan militer di kawasan pedalaman, Desa Jalin, Jantho, Aceh Besar,” kata Saladin.

Saladin mengatakan, Afif merupakan salah satu dari 40 teroris kelompok Aceh yang melakukan latihan militer di daerah Gunung Bun Jalin Jantho, Kabupaten Aceh Besar. “Ia tapi berkas-berkasnya harus kita kumpulkan dulu, untuk nama-namanya saya tidak ingat lagi,” katanya.

Berdasarkan data, saat itu Afif masuk pelatihan yang dipimpin Dulmatin. Tidak lama kemudian, setelah lolos dari kejaran jajaran Polda Aceh, masuk ke jaringan Jamaah Islamiah dipimpin Aman Abdurrahman.

Afif akhirnya divonis tujuh tahun kurungan penjara di Pengadilan Jakarta Barat di tahun 2010. Namun, ia hanya menjalani 2/3 masa tahanan.  (ibi/hsn/JPG)

Click to comment
To Top