Besok Kejagung Panggil Papa Novanto – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Besok Kejagung Panggil Papa Novanto

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kejaksaan Agung kembali menyurati mantan Ketua DPR Setya Novanto untuk diperiksa terkait penyelidikan kasus dugaan pemufakatan jahat untuk mendapat jatah saham dari PT Freeport Indonesia (PTFI). Rencananya, Kejagung akan memeriksa politikus Golkar itu besok (20/1).

“Besok, akan kita panggil lagi. Diundang istilahnya, minta keterangan,” ujar Jaksa Agung M Prasetyo di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/1).

Prasetyo menjelaskan, Novanto tak bisa lagi beralasan untuk mengabaikan panggilan tersebut. Prasetyo bahkan mengingatkan bekas bendahara umum Golkar itu tidak berkelit dengan perlunya Kejagung mengantongi izin presiden untuk memeriksa anggota DPR.

“Saya sudah jelaskan berulang kali, itu (izin dari presiden, red) tidak perlu. Dan memang tidak perlu kalau Pak Novanto itu, tidak perlu izin presiden. Alasannya UU MD3 yang dibuat DPR,” tutur Prasetyo.

Karenanya politikus Partai NasDem itu berharap agar Novanto beritikad baik datang memenuhi panggilan Kejagung. ‎”Warga negara yang baik tentunya akan mematuhi proses hukum yang berjalan,” ucapnya.

Selain Novanto, Kejaksaan juga memanggil Riza Chalid. Namun, sampai saat ini sosok yang dikenal sebagai pengusaha minyak itu tak diketahui keberadaannya. “Selama ini ‎sulit karena dia tidak ada di tempat. Saya gak tahu lari atau tidak,” keluh Prasetyo.

Prasetyo mengakui adanya informasi bahwa Riza di luar negeri. Karenanya jika Riza tak menggubris panggilan pemeriksaan, maka Kejagung akan melibatkan Interpol. “Pada saatnya kita pertimbangkan itu (melibatkan Interpol, red),” tegasnya. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
To Top