DPR Panggil Kapolri dan Pimpinan KPK Bahas Aturan Penggeledahan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

DPR Panggil Kapolri dan Pimpinan KPK Bahas Aturan Penggeledahan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – DPR sepakat mengundang Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dan pimpinan KPK untuk mengklarifikasi proses penggeledahan di ruang kerja anggota parlemen Jumat (15/1) lalu. Kesepakatan itu diambil berdasarkan rapat pimpinan dewan dan pimpinan fraksi, Senin (18/1).

“Kami sepakat pekan depan akan panggil pihak-pihak itu,”‎ tegas Ketua DPR Ade Komaruddin saat menggelar konferensi pers bersama pimpinan fraksi di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Kata pria yang disapa Akom itu, lembaganya menyayangkan tindakan penyidik KPK kemarin. Dengan menggunakan aparat kemanan (brimob) bersenjata laras panjang, artinya tidak menghiraukan peraturan undang-undang dan etika hubungan antarlembaga.

“Ini kantor parlemen, kantor wakil rakyat, 560 orang yang dipilih rakyat Indonesia dan simbol demokrasi berjalan dengan baik. Tidak boleh dicoreng dengan senjata laras panjang yang merupakan simbol otoriteriarisme,” tegas Akom.

‎Apakah nanti akan disampaikan kepada kapolri atau pimpinan KPK untuk mematuhi peraturan yang ada di DPR? Akom tidak menyebutkan secara tegas. Yang pasti, hal itu akan menjadi agenda pembahasan dalam pertemuan itu.

Selain mengundang pimpinan KPK dan kapolri, DPR juga mengundang Panglima TNI dan kepala BIN untuk membicarakan pengamanan DPR sebagai objek vital. “Saya dan teman-teman mengundang KPK, Polri, TNI untuk bicarakan hal itu,” sebut Akom.

Dia pun menegaskan, pertemuan nanti tidak berkaitan dengan revisi UU KPK. ‎Pasalnya, telah ada kesepakatan antara pemerintah dan DPR sebelumnya untuk merevisi empat hal saja. “Kami tadi sepakat, revisi KPK tidak akan jauh dan lari dari komitmen empat hal‎,” ucap Akom.

Sementara itu, dalam rapat bersama pimpinan farksi juga diputuskan bahwa DPR akan mengurangi masa resesnya menjadi maksimal 2 minggu dari semula sekitar satu bulan. Selain itu disepakati untuk meniadakan studi banding ke luar negeri berkaitan dengan pembahasan panitia khusus (pansus). ‎(dna/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top