Garap Papa Novanto, Kejagung Tak Perlu Izin Presiden – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Garap Papa Novanto, Kejagung Tak Perlu Izin Presiden

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi III DPR hari ini (19/1) menggelar rapat kerja dengan Jaksa Agung M Prasetyo. Salah satu yang jadi bahasan dalam rapat kerja itu adalah rencana Kejagung memeriksa bekas Ketua DPR Setya Novanto dalam kasus dugaan pemufakatan jahat untuk meminta saham dari PT Freeport Indonesia.

Prasetyo mengatakan, kasus itu masih dalam tahap penyelidikan. Menurutnya, Kejagung pun belum menetapkan tersangkanya.

Namun, soal pemeriksaan atas Novanto, Kejagung tak membutuhkan izin dari Presiden Joko Widodo. Sebab, kasus yang kini dikenal dengan istilah Papa Minta Saham itu tergolong tindak pidana khusus.

Prasetyo lantas merujuk pada Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3). Pada pasal 245 ayat 3 huruf C UU MD3 disebutkan menyebut bahwa izin presiden tidak diperlukan ketika seorang anggota dewan tertangkap tangan melakukan perbuatan yang terancam hukuman pidana seumur hidup atau hukuman mati karena perbuatannya, kejahatan kemanusiaan, atau melakukan tindak pidana khusus.

“Korupsi masuk tindak pidana khusus. Jadi, tidak perlu izin presiden,” ‎ucap Prasetyo.

Menanggapi pernyataan Prasetyo, anggota Komisi III Fraksi Golkar Edison Betaubun mengatakan bahwa aturan dalam UU MD3 itu merujuk pada proses penyidikan. Sedangkan kini Kejagung masih dalam tahap penyelidikan. “Tapi, ini penyelidikan, ini baru tahap penyelidikam, itu harus jadi perhatian,” tandasnya. (dna/JPG)

Click to comment
To Top