Hilangkan Kesan Kumuh, Pasar Bareng Diguyur 10M – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Hilangkan Kesan Kumuh, Pasar Bareng Diguyur 10M

FAJAR.CO.ID, KUDUS – Banyaknya keluhan terkait kumuhnya kondisi Pasar Bareng, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, membuat Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus langsung memasukan dalam program pembangunan di APBD 2016.
“Kita alokasikan anggaran Rp 10 miliar,” ujar Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus Sudiharti, kemarin.
Berdasarkan kajian timnya, Pasar Bareng kondisi lantai dasarnya bakal dinaikan sekitar 50 cm dan kemudian dilakukan pengecoran. Hal ini karena kondisi sekarang pasar tersebut posisinya berada di bawah jalan raya. Sehingga arus air dari jalan raya pantura mengalir ke arah pasar dan membuatnya menjadi becek dan kumuh. “Selain menaikan lantai dasar, juga akan dibangunkan saluran air. Supaya air bisa langsung mengalir ke sungai ,” terangnya.
Menurut Sudiharti, nilai anggaran yang disediakan hanya untuk bagian pembangunan sisi depan, sedangkan untuk stand bagian belakang atau dagangan basah akan dimasukan dalam anggaran selanjutnya. “Sebab tahun ini bakal ada 17 pasar yang dibangun tersebar di beberapa kecamatan. Sehingga anggaranya harus dibagi-bagi ,” katanya.
Selain pasar Bareng, Disdagsar juga bakal melakukan renovasi tempat parkir di pasar Kliwon. Sebab saat ini kondisi tempat parkir di Pasar Kliwon sudah tak ideal lagi, rencananya bakal dibuatkan tempat baru. Hal ini, untuk memecah kepadatan atau menumpuknya kendaraan yang berada di lokasi parkir saat ini.
Pembangunan gedung parkir berlantai empat yang dikhususkan untuk mobil. Progam tersebut membutuhkan biaya mencapai Rp30 miliar.
Dia menambahkan, lahan yang digunakan gedung parkir, nantinya sebelah Barat pasar, yakni lokasi ini jika malam biasanya digunakan berjualan makanan. Menurutnya, pedagang kaki lima tidak perlu khawatir, karena masih bisa berjualan, yakni di dasar parkir. Lahan yang akan dibangun gedung parkir sekitar 60x 25 meter. “Gedung parkir bisa menampung lebih kurang 200 mobil. Sehingga tidak ada lagi mobil yang parkir dipinggir jalan raya,” pungkasnya. (sf/RAJA)

loading...
Click to comment
To Top