Jaksa Agung Dituding Hanya Cari Panggung di Kasus Besar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Jaksa Agung Dituding Hanya Cari Panggung di Kasus Besar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR, Edison Betaubun mengingatkan Jaksa Agung M Prasetyo agar kejaksaan tidak hanya menyasar kasus-kasus korupsi di pusat. Menurutnya, persoalan korupsi di daerah juga tak kalah serius.

Edison menyampaikan hal itu dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi III DPR dengan Kejaksaan Agung di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, selasa (19/1). Politikus Golkar itu mengatakan, banyak kasus korupsi di daerah yang diabaikan oleh kejaksaan.

Ia lantas mencontohkan dugaan korupsi pembangunan masjid di daerahnya, Kota Tual Maluku. Menurutnya, Kejaksaan Negeri Tual ternyata tak berani melimpahkan perkara itu ke pengadilan.

“Kenapa takut? Karena ada pertanyaan besar. Kalau dilimpahkan ke pengadilan, sudah berapa gratifikasi yang diterima kejaksaan negeri Kota Tual,” ujarnya.

Karenanya Edison meminta Prasetyo agar memgimbau para bawahannya di daerah untuk serius mengungkap kasus korupsi. Dengan demikian kejaksaan tidak hanya fokus terhadap kasus-kasus besar yang ada di pusat. “Jaksa Agung jangan cari‎ panggung di kasus besar, tapi juga di daerah,” tegas Edison.

Dia juga menilai Prasetyo saat ini terlalu fokus pada kasus Papa Minta Saham terntang dugaan pemufakatan jahat untuk mendapat saham dari PT Freeport Indonesia. Edison mengatakan, jika kasus yang diduga menyeret bekas Ketua DPR Setya Novanto itu memang layak diteruskan, maka Kejagung semestinya juga tidak berlama-lama.

“Kalau ada bukti silahkan proses. Saya berharap semua yang dilakukan berdasarkan kepentingan penegak hukum, bukan publik,” tegas anak buah Setya Novanto di Fraksi Partai Golkar itu. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
To Top