Pahlawansjah Lepas 617 Mahasiswa KKN – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Pahlawansjah Lepas 617 Mahasiswa KKN

FAJAR.CO.ID, SEMARANG  – Sebanyak 617 mahasiswa Universitas Semarang (USM) mengikuti pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Auditorium Ir Widjatmoko USM, Jalan Sukarno Hatta, Semarang, Senin (18/1).

Rektor USM Prof. Dr. Pahlawansjah Harahap, S.E., M.E, dalam sambutannya berpesan selama berada di tengah-tengah masyarakat, hendaknya mahasiswa sebagai cermin kampus dapat berperilaku positif dan kreatif.

Sehingga, tidak saja mampu menjaga nama baik almamater selama pelaksanaan salah satu program sosial, mahasiswa juga berperan aktif serta memberi manfaat bagi masyarakat. Tidak saja menyatu dengan masyarakat melalui kegiatan KKN, USM juga tengah membidik pengembangan bidang akademis khususnya sektor kesehatan. “Saat ini tingkat kepercayaan masyarakat semakin tinggi terhadap USM, sehingga dalam waktu dekat akan menambah fakultas baru guna memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkap Dr. Pahlawansjah.

Fakultas yang tidak saja meluluskan mahasiswa namun juga akan menjadi salahsatu bentuk pengabdian kampus dalam menjaga kesehatan masyarakat luas. “Bulan ini mulai  membangun gedung baru enam lantai untuk fakultas kedokteran USM,” ungkap Pahlawansjah.

Sementara menurut Ketua LPPM, Dr. Wiyati Saddewisasi, M.M., para mahasiswa akan menjalani KKN selama satu bulan di dua kecamatan yaitu kecamatan Pedurungan sebanyak 276 mahasiswa dan Semarang Barat sebanyak 341 mahasiswa. Sebelumnya mereka telah mengikuti pembekalan KKN pada bulan November lalu. “KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) ini memberikan pembelajaran secara langsung bagi para mahasiswa di masyarakat serta sebagai sarana menerapkan ilmu yang diperoleh mahasiswa di kampus untuk diterapkan di masyarakat,” tambahnya.

Rencananya program KKN yang akan dilakukan para mahasiswa diantaranya, penghijauan, komposting, pemberantasan sarang nyamuk, bazar murah, bantuan sembako untuk panti asuhan dan lain-lain.

Pada kesempatan tersebut Rektor juga menyerahkan penghargaan berupa Uang pembinaan sebesar tiga juta kepada Posdaya Usaha mandiri Kelurahan Krobokan Semarang Barat dan dua juta kepada Posdaya Ampusari Kelurahan Mangunharjo Tembalang. Posdaya dibentuk oleh USM bekerja sama dengan yayasan Damandiri guna memberdayakan masyarakat untuk menciptakan kesejahteraan. (Jw/RAKYATJATENG)

 

loading...
Click to comment
To Top