Penyebab Orang Bisa Gagap – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Penyebab Orang Bisa Gagap

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sulit berbicara atau istilahnya seperti gagap bisa menjadi masalah besar bagi si penderita, maupun pada lawan bicaranya. Komunikasi tentu terganggu, bahkan muncul rasa minder ketika bergaul dengan orang banyak.

Dalam kamus wikipedia, gagap adalah gangguan bicara dimana yang terjadi karena pengulangan dan atau pemanjangan suara, suku kata, kata, atau frasa; serta jeda atau hambatan tak disadari yang mengakibatkan gagalnya produksi suara.

Spesialis syaraf, dr  Jumraini Tammase Sp S menyebut secara umum gagap disebabkan aspek psikologi dan aspek neurologi. “Penyebab psikologis seperti gugup dan cemas dan penyebab neurologi seperti gangguan saraf,” ucapnya.

Owner Klinik Inggit Medika itu juga mengatakan, gagap biasanya terbagi menjadi dua yakni gagap permanen dan non-permanen. Gagap non-permanen biasanya karena gugup. Sementara gagap permanen disebabkan adanya kerusakan pada otak karena penyakit, seperti tumor, atau karena adanya kerusakan pada saraf.

“Bagian yang rusak itu adalah bagian otak yang mengendalikan proses bicara. Ini mempersulit gerakan banyak otot yang diperlukan untuk bisa berbicara secara lancar,” jelasnya.

Dokter Spesialis Fisik dan Rehabilitasi, dr Asmaun Sp KFR menjelaskan, penyebab gagap bisa beragam. Gagap bicara bisa disebabkan oleh faktor genetik dan penyakit. “Genetik maksudnya bawaan, yang sejak lahir sudah gagap. Nah kalau penyakit biasanya dialami pasien seperti stroke,” jelasnya.

To Top