Perhatikan Cara Duduk Anda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Perhatikan Cara Duduk Anda

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Selama ini kebanyakan orang duduk dengan semaunya dan seenaknya. Namun ternyata duduk saat belajar maupun bekerja tidak boleh sembarangan loh. Jika tidak akan membuat tulang menjadi bengkok.

Spesialis Rehabilitasi Medik RS Internasional Wahidin Sudirohusodo, dr Asmaun Najamuddin, SpS KFR menuturkan posisi terbaik saat duduk adalah tegak. Tegak berarti dada melengkung ke luar dan punggung melengkung ke dalam.

Setelah tegak, pastikan kedua kaki menapak sempurna di lantai. Karena itu sangat penting mengatur tinggi kursi dan meja yang digunakan baik saat belajar maupun bekerja.

Posisi tegak dengan kaki menapak disempurnakan dengan posisi tubuh lurus ke depan. Lalu atur jarak tubuh dengan meja yakni sekira 30 hingga 50 centimeter dari meja. “Jangan serong ataupun miring jangan jauh atau terlalu dekat dengan meja. Atur jarak sekira 30-50 centimeter,” ujarnya.

Pria tipikal sederhana namun ramah ini menjelaskan, selain posisi, kursi yang digunakan juga harus selektif. Sekalipun empuk, namun kursi harus rata tidak melengkung layaknya sofa.

Selanjutnya, harus ada perhitungan lama duduk. Idealnya, lanjut Asmaun hanya duduk dua jam lalu kemudian beristirahat lima hingga sepuluh menit. “Sebaliknya kalau lagi santai boleh duduk di sofa, tetapi jangan kelamaan, maksimal setengah jam lah,” ujarnya.

Ketika ditanya soal dampak duduk sembarangan, Asmaun mengatakan selain membuat pegal, tulang akan menjadi bengkok.

Ditemui terpisah, Spesialis Ortopedi, dr Muhammad Sakti Sp OT (K) mengatakan, sebenarnya cara duduk yang baik tidak ada diskriminasi anak sekolah maupun orang kantoran.

Duduk yang baik seharusnya memperhatikan posisi anatomi seluruh tubuh, idealnya duduk atau bekerja dengan posisi tubuh sealami (natural) mungkin yang meminimalkan beban pada tubuh.

“Beberapa ahli menyatakan lebih bagus lagi kalau ada sandaran tangan dengan posisi siku dekat dengan pinggul (membentuk sudut sekitar 90 derajat), ada jarak sekitar 2-3 jari antara kursi dan belakang lutut ketika duduk,” katanya.

Click to comment
To Top