UMKM Kudus Kian Moncer – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

UMKM Kudus Kian Moncer

FAJAR.CO.ID, KUDUS – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Kudus semakin moncer di pasar nasional. Terlebih Bupati Kudus sangat memperhatikan keberadaannya sehingga usaha yang dijalani mereka semakin berkembang.

Perhatian Bupati Kudus, Musthofa terhadap pelaku usaha di Kudus cukup besar. Sehingga tak heran jika ekonomi kerakyatan di Kabupaten Kudus semakin meningkat seiring dengan program yang dijalankan.

Tak hanya kemudahan pelaku usaha kecil dalam mendapatkan pelatihan keterampilan, kesempatan mengikuti pameran, hingga mengikuti ekspo. Para pelaku UMKM tersebut juga dimudahkan dengan adanya Kredit Usaha Produktif (KUP).

Sehingga di Kudus jumlah masyarakat miskin semakin berkurang. Mengingat banyaknya pelatihan keterampilan, pelatihan kerja, hingga kemudahan dalam melakukan usaha, bahkan keberadaan PKL yang juga diperhatian.

“Indeks pembangunan manusia (IPM) di Kudus tinggi. Di Kudus tidak ada warga yang miskin. Yang ada adalah warga yang malas sehingga dirinya tidak mencapai kesejahteraaan,” kata Bupati Kudus, Musthofa, kemarin (18/1).

Karena, jelas bupati, kesempatan selalu ada. Bahkan berbagai pelatihan keterampilan kerja atau berwirausaha dan bantuan banyak diadakan dan diberikan pada masyarakat Kabupaten Kudus.

“Ubah mind set masyarakat agar bertanggung jawab akan kewajibannya sangat penting.

Yaitu, pinjaman ya harus mengembalikan. yaitu dengan kredit usaha produktif (KUP). Bukti nyata di Kudus UMKM berkembang baik dg KUP ini. sampai saat ini KUP lancar tidak ada tunggakan. KUP juga termasuk untuk PKL. PKL di Kudus diberdayakan. Bahkan punya hari jadi,” ungkapnya.

Sementara itu, Islahiyah, anggota KSU Padurenan Jaya mengaku bahwa dirinya merasa terbantu oleh Bupati Kudus H. Musthofa untuk pengembangan usaha bordirnya.

Seperti kemarin (18/1), Ia bisa mengikuti seminar Nasional tentang ekonomi kerakyatan di Gedung BI Jawa Tengah, Semarang.

“Terimakasih pak, usaha bordir saya semakin berkembang dengan banyaknya kesempatan seperti mengikuti seminar hari ini (kemarin, red),” ungkapnya.

Sebelumnya Ia bersama pelaku UMKM di Kudus diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan keterampilan dan kesempatan mengikuti pameran hingga ekspo di berbagai kesempatan.

“Banyaknya pelatihan dan ekspo dan seminar menambah ilmu kami dalam meningkatkan usaha. Sehingga kami bisa bersaing di pasar bebas (MEA) seperti sekarang ini,” pungkasnya. (nr/RAJA)

 

loading...
Click to comment
To Top