Wow, Mengejutkan…!! Inilah Komentar Ilmuwan Soal Batu Akik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hiburan

Wow, Mengejutkan…!! Inilah Komentar Ilmuwan Soal Batu Akik

FAJAR.CO.ID-Banyak cerita yang beredar seputar batu akik yang dapat digunakan sebagai navigasi, khususnya oleh para bajak laut ketika cuaca tidak bersahabat. Namun sebelum penemuaan yang diperoleh oleh para ilmuwan ini, cerita tersebut tidak dapat dibuktikan. Dan dianggap hanya sekedar mitos.

Berdasarkan temuan yang dilakukan di Universitas Rennes, Prancis,  para peniliti mengkalim telah menemukan adanya benda kristal yang terdapat pada alat-alat navigasi kapal Alderney. Sebuah kapal perang Elizabethan, yang karam di Pulau Channel Prancis pada tahun 1592.

Alderney sendiri diketahui merupakan kapal yang karam tak lama setelah hegemoni bajak laut, The Viking berakhir. Benda Kristal yang ditemukan tersebut diketahui merupakan batu akik jenis Sunstone atau yang juga dikenal dengan Biduri Surya.

Seperti dilansir salah satu laman berbahasa inggris, Gemstone.org, temuan ini memperkuat dugaan sebagian orang slema ini, jika batu biduri surya telah lama dimanfaatkan sebagi navigasi oleh para pelayar.

“Dalam kondisi tertentu, ketika senja dan matahari sudah berada di bawah horiszon dan tak terlihat, dan bintang juga tak terlihat, maka benda optical ini dapat membantu para pelaut dengan referensi yang yang pasti dalam kondisi demikian” tulis para peniliti dalam jurnal Proceeding of Royal Society.

Menurut salah seorang analis, yang juga ahli kimia, bahwa Biduri Surya adalah calcite kritsal juga dikenal dengan Icelandis Spar. Dan benda ini lama digunakan oleh bajak oleh laut.

Karena batu ini memiliki dan menghasilkan dobel pembiasan pada cahaya matahari, maka posisi matahari dapat diketahui posisinya dengan tepat, walau cuaca dalam keadaan berkabut dan tak bersahabat. (bb)

loading...
Click to comment
To Top