Kodim 1422 Maros Siap Dukung Lomba Tani – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Kodim 1422 Maros Siap Dukung Lomba Tani

FAJARONLINE.COM, MAROS — Kodim 1422 Maros menyatakan dukungannya atas gagasan lomba hasil pertanian, yang diusulkan Asosiasi Pemerintah Desa (Apdesi) Maros. Dirinya segera menginstruksikan jajaran, serta berkoordinasi dengan instansi terkait untuk merapatkan ide tersebut.

“Kami sangat setuju, apalagi konsep awalnya sudah kita diskusikan sebelumnya. Pekan ini akan segera kami komunikasikan dengan Distan (Dinas Pertanian,red),” jelas Dandim 1422 Letkol Inf Sunarto, Rabu 20 Januari.

Pihaknya juga telah menyampaikan gagasan Apdesi itu pada rapat konsolidasi dan monitoring, 9 Januari lalu. Usai berkoordinasi dengan Apdesi dan Distan, rapat perdana lomba hasil tani itu akan segera digelar, Jumat 22 Januari mendatang. “Jumat baru bisa rapat, karena ada Rapim di Kodim dan jadwal kunjungan Pangdam VII Wirabuana beserta ibu,” katanya.

Sebelumnya, Apdesi menyebut lomba itu, yang diklaim pertama kalinya di Sulsel, bisa memacu produksi padi di Butta Salewangan. Ketua Apdesi Maros Abdul Asiz menjelaskan, lomba itu rencananya terbagi menjadi dua kategori. Kategori sawah tadah hujan dan sawah irigasi, yang diikuti perwakilan masing-masing desa.

“Produksi sawah tadah hujan tentu tidak sebanyak sawah irigasi yang terus mendapat suplay air. Selain petani,, Kepala Desa dan Babinsa dengan hasil padi terbanyak juga akan mendapat hadiah,” jelas Asiz.

Tahun lalu, produksi padi Maros mencapai 7,1 ton per hektar, melampaui target nasional yang hanya 5,7 ton per hektar. Plt Bupati Maros A Herry Iskandar menyebut, dengan pendampingan yang baik dari Distan dan Kodim pencapaian itu masih bisa bertambah, hingga mencapai target 2016 sebesar 11,5 ton per hektar. (M Haris Syah/FAJARONLINE)


 

 

loading...
Click to comment
To Top