Pasar di Bantaeng Dapat Suntikan Dana Rp1,6 Miliar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Pasar di Bantaeng Dapat Suntikan Dana Rp1,6 Miliar

FAJAR.CO.ID, BANTAENG  – Pemerintah Kabupaten Bantaeng melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Pertambangan dan Energi akan melakukan revitalisasi pasar rakyat Campaga Loe, Kelurahan Bontojaya tahun ini. Anggaran untuk revitalisasi pasar itu mencapai Rp 1,6 miliar yang sumber dananya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2016 ini.

Sekretaris Dinas Perdagangan, Perindustrian, Pertambangan dan Energi, Andi Sjafaruddin Maggau, mengatakan, pasa yang mendapat anggaran revitalisasi terletak di Kecamatan Bissappu.

“Tahun ini hanya satu pasar yang direvitaliasasi karena anggarannya terbatas,” katanya, Rabu 20 Januari.

Menurut dia, bukan hanya di instansinya yang mempunyai program merevitalisasi pasar anggarannya juga bisa melalui Dinas Koperasi. Olehnya itu, lanjut dia, revitalisasi pasar tidak terfokus pada Dinas Perdagangan, Perindustrian, Pertambangan dan Energi saja.

Dia mengaku, salah satu pasar rakyat di Kabupaten Bantaeng yang merupakan percontohan dari sembilan pasar rakyat di Indonesia. Pasar rakyat yang dimaksud, yakni pasar Lambocca yang tergolong pasar sehat. Pihaknya juga saat ini baru menarik retribusi enam pasar dari 14 pasar sentral dan pasar rakyat di Kabupaten Bantaeng.

“Kita bisa menarik retribusi dari pasar tersebut jika pemerintah sudah memberikan fasilitas dan bantuan fisik lain seperti tempat parkir dan fasilitas lain. Sehingga ada timbal balik antara kepala pasar dan Pemerintah kabupaten (Pemkab),” katanya.

Salah seorang warga Bantaeng, Fajri mengatakan, pemerintah harus menggenjot revitalisasi pasar di Kabupaten Bantaeng supaya kenyamanan dan pelayanan pada konsumen bisa berjalan dengan baik dalam rangka menggeliatkan kembali pasar rakyat.(mustaqim/FAJARONLINE)

 

 

loading...
Click to comment
To Top