Pelaku Bom Sarinah juga Dikenal dengan Komplotan Duren – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Pelaku Bom Sarinah juga Dikenal dengan Komplotan Duren

FAJAR.CO.ID, KARAWANG – Aparat Polres Karawang memastikan tewasnya Afif alias Sunakim, salah satu pelaku aksi terorisme di kawasan Sarinah, 14 Januari kemarin, menjadi akhir cerita kelompok Afif di Kawarang.

Sebelumnya, Afif ‘bergerak’ dengan rekan-rekannya berinisial NR, KM, DD dan AN. Mereka sering dikenal dengan komplotan atau kelompok Duren. Nama tersebut diambil karena mereka sama-sama pernah tinggal bareng di Desa Duren, Karawang.

Nah, aksi terorisme di Sarinah menjadi akhir aksi Kelompok Duren. “Tidak benar kalau masih ada teman-teman Afif (Komplotan Duren) di Karawang. Itu isu yang tidak betul,” tegas Kasat Intelkam Polres Karawang, AKP Suryo, seperti dikutip dari Pasundan Ekspres, Rabu (20/1).

Namun Suryo justru mengungkap, yang sedang diselidiki pihaknya saat ini adalah sel baru di bawah Santoso. Jaringan ini memang membuat kelompok baru di Karawang. Jumlahnya tidak banyak.

Suryo menegaskan, kelompok Afif dengan sel baru kelompok Santoso sama sekali tidak berhubungan. Bahkan mereka disebut-sebut tidak saling kenal. “Kami tengah memantau pergerakan mereka di Karawang. Namun belum bisa 100 persen bisa dipastikan hubungan mereka (kelompok Afif) dengan Santoso,” ujarnya.

Sejauh pengembangan, kata Suryo, komplotan ini hanya simpatisan saja. Tujuan mereka sama dengan tujuan dari kelompok Afif, yakni membuat Daulah Islamiyah. Letak lokasi dan keberadaanya memang berada di Karawang. Namun demikian belum bisa diinformasikan kepada publik.

Pergerakan yang selama ini didapatkan dari sel baru kelompok Santoso ini hanya sebatas kumpul-kumpul saja. “Belum jauh pergerakanya,” tambah Suryo. (ask/din/adk/jpnn)

To Top