Waduh.. Punya 1 Miliar Pengguna Aktif Tapi WhatsApp Belum Untung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Waduh.. Punya 1 Miliar Pengguna Aktif Tapi WhatsApp Belum Untung

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – WhatsApp menjadi aplikasi pesan instan populer di dunia. Selain mudah dan tanpa biaya, WhatsApp juga hampir menembus 1 miliar pengguna saat ini.

Lalu sudahkah WhatsApp berlimpah uang dengan pencapaian 1 miliar pengguna itu? Jawabannya ternyata belum.

WhatsApp sejak diciptakan oleh duo startup mantan karyawan Yahoo ketika itu, Jan Koum dan Brian Acton, memang telah sesumbar tak akan mencari pendapatan lewat iklan.

Apalagi memenuhi halaman-halaman pesan instan ciptaan mereka dengan banner-banner iklan.

“Siapa yang suka dengan iklan? Kita dibombardir dengan banyak iklan dalam satu hari. Dan kami rasa ponsel pintar bukan tempat yang tepat untuk beriklan,” ujar Jan Koum kala itu.

Saat dieksekusi Facebook pada 2014 pun, Mark Zuckerberg sang CEO lebih mendorong untuk meningkatkan user ketimbang menghasilkan uang dari iklan. Namun kini pencapaian sudah hampir 1 miliar. Bagaimana tanggapan Jan Koum?

“Di satu sisi, ini adalah angka yang sangat besar. Di sisi lain, ini juga sedikit memalukan. Kami masih kurang 10 juta lagi,” kata CEO dan pendiri WhatsApp, Jan Koum.

Ya, 10 juta user lagi WhatsApp mencapai 1 miliar. Lalu bagaimana dengan pendapatan?

WhatsApp ternyata merancang strategi meski tanpa beriklan, dengan merancang kerja sama berbayar lewat korporasi-korporasi disitulah WhatsApp mencari peluang pendapatan. Salah satunya metode berlangganan akan dihapuskan.(res/pojoksatu)

Click to comment
To Top