Wow Keren…!! Pak JK di Atas Panser Badak Buatan Pindad – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Wow Keren…!! Pak JK di Atas Panser Badak Buatan Pindad

FAJAR.CO.ID, BANDUNG – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengunjungi pabrik pembuatan alutsista, PT Pindad (Persero) di Bandung. Dalam kunjungan itu, JK, sapaan, Wapres berkesempatan melihat langsung Panser Badak, buatan terbaru PT.

Tak hanya menyaksikan, JK juga sempat menaiki panser tersebut.  “Saya tahu kemampuan dan kegigihan awak Pindad dalam merancang dan membuat kendaraan tempur, persenjataan dan amunisi,” ujar JK saat meninjau panser tersebut di Pabrik Pindad, Rabu (20/12).

Panser Badak memiliki canon kaliber 90 mm. Panser itu adalah hasil kerja sama dengan perusahaan Belgia, CMI Defence.

Dari data Pindad, badan panser Badak terbuat dari lapisan baja yang mampu menahan tembakan amunisi kaliber 12,7 mm. Panser Badak memiliki panjang 6 meter, lebar 2,5 meter, tinggi 2,9 meter serta bobot 11 ton.

Selain dilengkapi canon, Panser Badak juga dipasang machine gun kaliber 7,62 mm untuk mendukung operasi.

Panser ini dikendalikan 3 orang crew. Dengan mesin diesel 6 silinder berkekuatan 340 tenaga kuda, panser Badak mampu melesat hingga 90 kilometer (km) per jam dan menempuh jarak operasi 600 km.

JK terlihat sangat penasaran dengan panser tersebut. Ia sempat membuka penutup canon dan melihat bentuknya lebih dekat. JK terlihat bangga dengan panser tersebut. Apalagi, ia juga yang menamakan panser itu dengan nama Badak.

JK mengatakan, pertahanan dalam negeri harus bisa memanfaatkan alutsista buatan Pindad tersebut.

“Saya minta agar TNI, Polri, Kementerian Pertahanan dan lembaga negara lain di Indonesia bisa memberikan order penjualan yang lebih tinggi pada Pindad di 2016,” ujar JK.(flo/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top