BPS: Ekspor Jagung Naik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

BPS: Ekspor Jagung Naik

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kenaikan produksi jagung tahun 2015 telah sesuai BPS (Badan Pusat Statistik) dan ini resmi dilansir oleh Kepala BPS, dengan kenaikan produksi ini Indonesia telah ekspor 250.172 ton atau 1.818%.

Kenaikan produksi ini sudah dirasakan oleh banyak kalangan dan merupakan keberhasilan pada lima tahun terakhir ini.  Janganlah memberitakan impor saja, fakta Indonesia sudah ekspor jagung tetapi tidak pernah diberitakan. Untuk diketahui bahwa Indonesia telah berhasil melakukan ekspor jagung 2015 sebanyak 250.172 ton atau naik 1.818% dibandingkan tahun 2014 (sumber BPS, 2015).

Selanjutnya, terkait dengan impor jagung sebagai landasan hukumnya adalah (1) Pementan 57/2015 yang menyebutkan bahwa impor harus mendapatkan rekomendasi persetujuan dan jumlah jagung dan bahan pakan asal tumbuhan lainnya dari Kementan dan (2) Hasil Rakortas di Menko Perekonomian dalam pembahasan ketersediaan pangan (beras dan jagung) tanggal 16 Desember 2015 disebutkan bahwa dalam hal kebutuhan industri pakan ternak (jagung nasional) dimana 70% dipenuhi dari dalam negeri dan sisanya dari impor, maka untuk pemenuhan kebutuhan jagung Januari-Maret 2016 disepakati oleh oleh Perum Bulog dan untuk diketahui bahwa ini dan bulan depan sudah mulai panen puncak jagung.

Kondisi saat ini impor jagung yang sudah masuk Indonesia itu tidak memenuhi Pementan 57/2015 dan hasil Rakortas, karena tidak dilakukan oleh Bulog tetapi oleh importir/pelaku usaha.  Kalaupun importir melakukan importasi jagung semestinya harus mendapatkan rekomendasi dari Kementan.
Dan impor yang dilakukan sampai saat ini tidak ada rekomendasinya dari Kementerian Pertanian. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top