FINAL!! Pelantikan Kada Terpilih Akhir Februari – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

FINAL!! Pelantikan Kada Terpilih Akhir Februari

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Setelah menggelar rapat dengar pendapat dengan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo beberapa waktu lalu tentang penetapan jadwal pelantikan kepala daerah terpilih, diputuskan kalau pelantikan akan dilakukan akhir Februari mendatang. Pelantikan tersebut dilakukan bagi kepala daerah yang tidak sedang menempuh jalur hukum di Mahkamah Konstitusi (MK).

Dikatakan Anggota Komisi II DPR RI dari Sulsel, Azikin Solthan bahwa pemerintah dan DPR sepakat pelantikan dilakukan akhir Februari. Sebagaimana sebelumnya pemerintah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo merencanakan akan dilakukan pertengahan Februari.

“Sudah disepakati kalau akhir Februari dilakukan pelantikan,” kata politisi dari Fraksi Gerindra ini disela-sela Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang, Kamis 21 Januari di Ruang Komisi II DPR, Senayan, Jakarta.

Terkait mekanisme pelantikan, lanjutnya, bahwa dari Fraksi Gerindra sendiri mengusulkan kalau pelantikan sebaiknya dilakukan ditiap provinsi oleh gubernur. “Bupati/Wali Kota itu kan diangkat dan diberhentikan gubernur. Jadi kalau menurut saya pribadi ya harus dilakukan gubernur, tidak perlu di Jakarta. Kecuali para gubernur tersebut ada di Jakarta semua,” jelasnya. (idr/fmc)

loading...
Click to comment
To Top