Ini Alasan Anggota Gafatar Tak Sekolahkan Anak Mereka – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ini Alasan Anggota Gafatar Tak Sekolahkan Anak Mereka

FAJAR.CO.ID, KALBAR – Sekitar 1.000 lebih anggota eks Gafatar, diusir dari Mempawah. Mayoritas di antara mereka adalah anak-anak dan balita. Khusus untuk anak-anak usia sekolah, ternyata mereka tidak mendapatkan pendidikan yang layak.

Mereka terpaksa harus hidup bersama orang tuanya di lahan perkebunan. Aktivitas mereka juga terbatas, karena kelompok eks Gafatar tidak berbaur dengan masyarakat awam lainnya. Mereka punya komunitas di lahan sendiri.

Mengenai anak-anak yang tidak sekolah ini, koordinator eks Gafatar di Sintang, Rohim punya alasannya. Hal itu dilakukan karena mereka memang harus hidup berpindah-pindah.

”Minimal kami itu dua tahun menetap di suatu wilayah. Kemudian pindah lagi ke daerah lain, makanya anak-anak kami tidak ada yang sekolah seperti anak-anak biasa lainya,” kata Rohim sebagaimana dilansir dari Rakyat Kalbar (Fajar.co.id Group).

Namun begitu, Rohim menolak dikatakan bila mereka tidak peduli dengan pendidikan anak-anaknya. ”Kita juga tidak mau anak jadi bodoh. Yang jelas semua kurikulum yang dipelajari di sekolah, tetap kita sampaikan kepada anak-anak melalui pendidikan yang kita kelola sendiri,” tegas Rohim.

Tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai sistem pendidikan ‘khusus’ yang dimaksud. Hanya saja dari informasi yang didapat, Gafatar memiliki tata cara hidup sendiri. Tujuannya untuk hidup mandiri di segala hal dari sistem pemerintah NKRI. (RK/afz/JPG)

To Top