Jangan Gunakan Pantyliner Berlebihan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Jangan Gunakan Pantyliner Berlebihan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Berbagai produk untuk memanjakan dan merawat area kewanitaan sangat beragam. Salah satunya pantyliner. Nah, penting gak sih memakainya?

Beberapa wanita mungkin belum mengetahui apa sih pantyliner itu. Nah panty merupakan alas kewanitaan yang menyerupai pembalut. Hanya saja ukurannya lebih tipis dan kecil. Pantyliner digunakan saat-saat keputihan. Sebagaimana fungsinya untuk menyerap kelebihan cairan yang terjadi di Miss V.

Spesialis Kandungan RS. Internasional Wahidin Sudirohusodo (RSWS), dr Isharyah Sunarno SpOG (K) menuturkan bahwa pantyliner bagus jika digunakan secara efektif. Sebaliknya, menjadi buruk jika penggunaannya berlebihan.

Ia menuturkan bahwa pantyliner memiliki kandungan bahan plastik. Akibatnya, kalau ada lendir Miss V yang keluar lalu tertampung di pantyliner tersebut akan menjadi media yang bagus untuk jamur dan bakteri berkembang.

Pantyliner yang memiliki kandungan pewangi dan warna bahkan bisa menimbulkan dampak yang lebih parah lagi. Sebab, sering kali, memicu terjadinya iritasi di selangkangan yang memunculkan rasa perih, merah dan bengkak. “Ini kalau digaruk akan menimbulkan luka baru,” ujarnya.

Ia menambahkan, pantyliner akan membantu jika digunakan saat-saat haid yang sudah sedikit. Sebab, terkadang seseorang malah risih menggunakan pembalut yang tebal saat haid sisa sedikit. Dokter Isharyah juga menganjurkan agar orang yang keputihan tidak menggunakan pantyliner.

Click to comment
To Top