Kementan Siapkan Kapal Khusus untuk Sapi Sulsel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Kementan Siapkan Kapal Khusus untuk Sapi Sulsel

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kementerian Pertanian mengalokasikan kapal ternak khusus untuk sapi Sulsel. Kapal ini bertujuan untuk mengurangi biaya perdagangan ternak selama ini.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel Abdul Aziz memgungkapkan, kementerian sudah mengalokasikan kapal di Sulsel, minimal satu unit dengan kapasitas 500 ekor satu kali pengiriman.

“Soal berapa kali transpor tergantung permintaan. Kalau ini berjalan dengan baik, tentunya yang diuntungkan adalah peternak dan pengusaha sendiri,” tuturnya, Kamis 21 Januari.

Ia mengungkapkan, kapal tersebut masih dalam tahap pembuatan yang dirancang khusus PT IKI dan PT Pelni. Sayangnya, pihaknya belum bisa memastikan kapan kapal bisa disediakan. “Kami tidak berani menjanjikan karena kami hanya menerima. Harapan kita lebih cepat lebih bagus,” tuturnya.

Kata dia, Dinas Peternakan sudah target pengiriman pertama minimal 5.000 ekor sapi ke DKI Jakarta. “Kita minta dua versi. Kalau mau bentuk hidup, kita sediakan bentuk hidup tetapi kalau mau bentuk karkas kita siapkan cold storage,” ungkapnya.

Aziz pun mengungkapkan, saat ini pihaknya aktif mengirim sapi ke Kalimantan. “Sapi Sulsel yang lewat darat ke Mamuju, dari Mamuju ke Kalimantan. Itu setiap hari,” katanya.(yusriadi/FAJARONLINE)


 

 

To Top