KPK Periksa Ketua DPRD Banten – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

KPK Periksa Ketua DPRD Banten

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami perkara dugaan suap terkait pembahasan APBD Banten 2016. Setelah memeriksa sejumlah anggota banggar DPRD Banten, hari ini (21/1) penyidik menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ketua DPRD Banten Asep Rahmatulloh.

“Ketua DPRD Banten akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka RT (Ricky Tampinongkol)” kata Plh Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati saat dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Diduga, Asep akan dicecar soal uang yang diminta oleh para anggota DPRD Banten kepada Direktur PT Banten Global Development (BGD) Ricky Tampinongkol untuk memuluskan anggaran pembentukan bank daerah Banten tahun 2016.

Selain itu, KPK juga memanggil tiga anggota DPRD Banten lainnya. Yakni, Nur Aeni, Muflikah, dan Ali Zamroni untuk diperiksa sebagai saksi dalam perkara tersebut.

Seperti diketahui, KPK menetapkan tiga tersangka dalam kasus suap terkait APBD Banten tahun 2016. Yakni, Wakil Ketua DPRD Banten SM Hartono, Anggota DPRD Banten Tri Satrya Santoso, dan Direktur PT BGD Ricky Tampinongkol. Penetepan tersangka itu setelah ketiganya ditangkap penyidik KPK saat tengah melakukan transaksi suap di sebuah restoran di Serpong, Tangsel pada 1 Desember 2015.

Ricky diduga menyuap SM Hartono dan Tri Satrya untuk memuluskan pembahasan APBD 2016 yang di dalamnya terdapat anggaran pembentukan bank Banten melalui PT BGD sebesar Rp 385 miliar.

KPK kemudian mengungkap sudah ada lebih dari sepuluh anggota DPRD Banten yang mengembalikan uang pemberian Ricky Tampinongkol ke penyidik. Hal tersebut memperkuat kesaksian Gubernur Banten Rano Karno, yang menyebut bahwa Ricky dimintai uang sebesar Rp 10 miliar oleh anggota dewan di Banten untuk memuluskan anggaran pembentukan bank daerah dalam APBD 2016. (put/jpg)

loading...
Click to comment
To Top