Lebih Efektif Perppu Terorisme Dibanding Revisi UU – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Lebih Efektif Perppu Terorisme Dibanding Revisi UU

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – DPR terus mendorong Presiden Joko Widodo untuk mengeluarkan Perppu tentang‎ Terorisme ketimbang merevisi UU Nomor 15 Tahun 2003. Khususnya, mengenai kewenangan Badan Intelijen Negara (BIN) yang bisa menangkap dan menahan para pelaku teror.

Menurut Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, dikeluarkannya Perppu ‎itu jauh lebih efektif daripada merevisi UU Terorisme. Sebab, negara tengah dalam kondisi genting tentang terorisme.

“Ya, kita melihat dengan terorisme kemarin (bom Sarinah, red). Itu sangat genting,” ujarnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/1).

Untuk itu, politikus Partai Demokrat itu meminta, perppu itu bisa ‎dikeluarkan sebagai bentuk tindaklanjut pemerintah atas kejadian terorisme yang sempat menyerang Jakarta beberapa waktu lalu. “Kalau Perppu, begitu dikeluarkan langsung efektif. Hanya administrasinya harus dibahas di DPR. Itu disetujui DPR atau tidak,” ucapnya.

Berbeda dengan ‎merevisi UU Terorisme yang pembahasannya bakal membutuhkan waktu panjang. ‎Bekas wali kota Solo itu menjelaskan, untuk merevisi UU Terorisme itu pakai model revisi text time, dimasukan ke Program Legislasi Nasional (Prolegnas), lalu dibahas bersama pemerintah. (rka/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top