Nggak Pakai Lama, Wapres Langsung Pesan 50 Panser Badak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Nggak Pakai Lama, Wapres Langsung Pesan 50 Panser Badak

FAJAR.CO.ID, BANDUNG – Wakil Presiden Jusuf Kalla telah memesan 50 unit Panser Badak buatan PT. Pindad untuk TNI Angkatan Darat. Panser Badak itu baru diselesaikan proyeknya akhir Desember lalu.

“Tadi dengan persetujuan Menteri Pertahanan, kami pesan 50 kalau sudah lulus uji,” ujar pria yang akrab disapa JK itu di pabrik Pindad, Bandung, Rabu (20/1).

Sementara itu, Direktur Utama Pindad Silmy Karim enggan menyebut nilai dari 50 unit Panser Badak tersebut. Ia mengatakan, saat ini pemerintah masih melakukan negosiasi harga.

“Kata Pak JK masih rahasia,” ujar Silmy sambil tertawa.

Panser Badak adalah keluaran terbaru Pindad. Panser tersebut memiliki canon kaliber 90 mm.  Dari data Pindad, badan panser Badak terbuat dari lapisan baja yang mampu menahan tembakan amunisi kaliber 12,7 mm. Panser Badak memiliki panjang 6 meter, lebar 2,5 meter, tinggi 2,9 meter serta bobot 11 ton.

Selain dilengkapi canon, Panser Badak juga dipasang machine gun kaliber 7,62 mm untuk mendukung operasi.

Panser ini dikendalikan 3 orang crew. Dengan mesin diesel 6 silinder berkekuatan 340 tenaga kuda, panser Badak mampu melesat hingga 90 kilometer (km) per jam dan menempuh jarak operasi 600 km.(flo/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top