Sophia Latjuba Ungkap Sejarah Mengejutkan Sang Kakek – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Sophia Latjuba Ungkap Sejarah Mengejutkan Sang Kakek

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Di luar popularitasnya sebagai seorang model, artis Sophia Latjuba ternyata menyimpan sisi sejarah otentik dari silsilah keluarganya yang memiliki kaitan dengan sejarah bangsa Indonesia.

Melalui akun Instagramnya, Sophia Latjuba memposting sejarah kehidupan sang kakek, Mahmud Lamako Latjuba, yang lekat dengan sejarah tokoh pergerakan Indonesia. Salah satunya HOS Tjokoroaminoto.

Simak saja penuturan Sophia lewat keterangan dalam foto yang diunggahnya ini.

Mengenang kakek Lahir pada tanggal 2 Mei 1909 di Una-una, Sulawesi Tengah. Beliau adalah anak keturunan Arab yg sdh sejak lama bermukim di nusantara. Sejak muda, Latjuba meninggalkan kampung halamannya utk menuntut ilmu di Yogyakarta. Mula pertama datang ke Yogyakarta, beliau tinggal di di rumah H.O.S. Tjokroaminoto. Dari Tjokroaminoto, Latjuba banyak menimba ilmu organisasi dan berkenalan dengan tokoh politik seperti Mohammad Roem, Soekarno, Syarifudin Prawiranegara, Kasman Singodimedjo.

Sophia menceritakan kembali sejarahnya bahwa sang kakek juga pernah bergabung dengan kelompok pemuda Jong Islamieten Bond (JIB) pada 1925. Setelah itu sang kakek sempat melanglang buana ke luar negeri dari mulai India hingga Mesir untuk studi dan tugas negara.

Almarhum kakek akhirnya meninggal dalam usia 66 tahun pada 17 Desember 1975. Hingga berita ini diturunkan sudah ada 1.779 orang yang menyukai postingan ini, dan ada 88 orang berkomentar. (res/pj1)


loading...
Click to comment
To Top