30 Menit Berlayar, Kapal Tujuah Naikliu Terbakar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

30 Menit Berlayar, Kapal Tujuah Naikliu Terbakar

FAJAR.CO.ID, KUPANG – Kebakaran kapal di perairan Kupang terjadi lagi, Rabu (20/1), sekira pukul 23.30 Wita. Kali ini dialami kapal motor (KM) Sabuk Nusantara 49. Kapal nahas tujuan Naikliu, Kabupaten Kupang itu, terbakar dalam pelayaran di antara Pulau Semau dan Pulau Kera.
Saat kebakaran terjadi, KM Sabuk Nusantara tengah mengangkut 81 orang penumpang dan 19 kru kapal. Semuanya selamat dievakuasi oleh kapal SAR Kupang dan kapal pandu Navigasi. Kapolsek Alak, AKP Gigih Putranto, yang dikonfirmasi Koran ini, Kamis (21/1), mengatakan, dalam insinden kebakaran kapal itu, seorang penumpang mengalami luka bakar dan sudah dirawat di Rumah Sakit TNI AL Samuel J. Moeda Kupang.
“Kapal itu juga muat sembako dan bahan campuran. Beruntung api cepat dipadamkan. Sumber api diperkirakan muncul dari skoci kapal,” ujar Gigih. Terpisah, Kepala Kantor SAR Kupang, Ketut Gere Ardana, mengatakan, informasi kebakaran kapal itu diketahui dari laporan Denny Sibarani, salah satu anggota Rescuer Kantor SAR Kupang.
“Informasinya, kapal itu terbakar saat pelayaran dari Kupang menuju Naikliu. Kapal berpenumpang 81 orang, 19 orang ABK dan seorang nahkoda,” kata Ardana.
Dijelaskan, KM Sabuk Nusantara 49 mengalami kebakaran di lambung kiri, pada koordinat 10° 09′ 13. 98″ S – 123° 31′ 20.64″ E. Kapal dengan bobot 2090 Gross Ton (GT) itu, selama ini melayani rute Kupang-Naikliu-Samlaki-Ambon. “Pada pukul 24.00 Wita, kita berangkatkan tim rescuer berjumlah 21 orang menuju tempat kejadian musibah dengan menggunakan 1 unit rescue car, 1 unit  rescue truck, rescue boat 308, rigid 500 PK dan dilengkapi dengan peralatan SAR laut guna melaksanakan operasi SAR,” jelas Ardana.
Ardana lanjutkan, pada pukul 00.30 Wita, tim SAR berhasil memadamkan api, selanjutnya sekira pukul 01.30 Wita, pihaknya berhasil mengevakuasi semua korban dalam keadaan selamat, selanjutnya penumpang dibawa menuju dermaga Navigasi Kupang, menggunakan RB 308 Kupang dan diserahkan ke KSOP Kupang.
Elisabet Yohanes, salah satu penumpang kapal nahas itu, kepada wartawan, mengatakan, kebakaran terjadi saat kapal yang ditumpanginya itu baru sekira 30 menit bertolak dari pelabuhan Tenau. Dan tiba-tiba muncul asap hitam yang tebal dari dek dua, tepatnya di lorong dekat musholah.
Nyala api, jelas Elisabet, terlihat menjalar memasuki ruang ABK, dan menghanguskan sejumlah barang di dalamnya, seperti spons, almari dan kulkas. Elisabeth dan seluruh penumpang lainnya, sontak panik dan berusaha menyelamatkan diri dengan mencari pelampung. Beruntung kapal SAR dan kapal Navigasi cepat datang memadamkan api dan mengevakuasi semua penumpang dan kru kapal. (joo/boy/TIMOR EXPRESS)
loading...
Click to comment
To Top