JPU Tuntut Jero Wacik 9 Tahun dan Denda Rp350 Juta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

JPU Tuntut Jero Wacik 9 Tahun dan Denda Rp350 Juta

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mantan Menteri ESDM serta Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik dituntut sembilan tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum KPK pada persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (21/1).

JPU menuntut majelis hakim menyatakan Jero terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan korupsi.

“Menuntut majelis hakim menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Jero Wacik selama sembilan tahun dikurangi selama terdakwa di dalam tahanan,” kata JPU KPK Dody Sukmono membacakan tuntutan di persidangan, Kamis (21/1).

Selain itu, JPU juga mengenakan pidana denda Rp350 juta subsider empat bulan kurungan.

Tak cuma itu, JPU juga menjatuhkan pidana tambahan Rp18.790,560.224 dengan ketentuan apabila tidak dibayar selama satu bulan berkekuatan hukum tetap maka harta Jero akan disita. Kalau tidak punya harta, maka diganti dipidana kurungan selama empat tahun.

Hal yang memberatkan perbuatan Jero bertentangan dengan semangat masyarakat bangsa dan negara dalam program pemberantasan tindak pidana korupsi. Perbuatan Jero tak memberikan teladan terhadap rakyat. Jero juga tidak mengakui dan tidak menyesali perbuatannya.

“Hal yang meringankan terdakwa belum pernah dihukum dan punya tanggungan keluarga,” kata Jaksa.

Jero dinilai  terbukti memenuhi unsur-unsur dalam tiga dakwaan yang didakwakan kepadanya. Pada dakwaan pertama, Jero telah menggunakan Dana Operasional Menteri untuk kepentingan pribadi dan keluarganya tanpa didukung bukti pertanggungjawaban belanja yang sah. Jero dianggap memperkaya diri sendiri Rp 7.337.528.802 ditambah untuk keluarganya sejumlah Rp 1.071.088.347, sehingga merugikan negara Rp 8.408.617.149.

Sementara pada dakwaan kedua, Jero selaku Menteri ESDM terbukti telah memerintahkan bawahannya untuk memenuhi keperluan pribadinya sejumlah Rp 10.381.943.075.

Uang tersebut dipakai untuk beberapa keperluan pribadi Jero, seperti acara ulang tahun, biaya pencitraan hingga pemberian bantuan kepada Staf Khusus Presiden, Daniel Sparringa.

Dalam dakwaan ketiga, Jero selaku Menteri ESDM dinilai terbukti menerima hadiah atau janji berupa uang sejumlah Rp 349.065.174 dari Komisaris Utama PT Trienergy Mandiri lnternasional yang juga eks pengurus KADIN, Herman Afif Kusumo. Uang tersebut diberikan untuk membayar biaya ulang tahun Jero pada 24 April 2012. (boy/jpnn)


 

loading...
Click to comment
To Top