Rano Karno Kembali Diperiksa KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Rano Karno Kembali Diperiksa KPK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Gubernur Banten Rano Karno kembali memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk diperiksa sebagai saksi. Kedatangan Rano ini merupakan kali kedua diperiksa oleh penyidik terkait perkara dugaan suap dalam pengesahan anggaran pembentukan bank Banten pada APBD 2016.

Rano diketahui telah datang ke KPK sekitar pukul 08.50 WIB. Mengenakan kemeja berwarna putih, pemain Sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu kali ini tidak banyak bicara di depan awak media. “Saya diperiksa sebagai saksi untuk Pak Ricky,” kata Rano saat memasuki gedung KPK, Jumat (22/1).

Pada kesaksian sebelumnya, Rano Karno menyebut bahwa Direktur PT Banten Global Development (BGD) Ricky Tampinongkol dimintai uang sebesar Rp 10 miliar oleh anggota DPRD Banten. Menurut Rano, dia telah menyarankan Ricky untuk tidak menggubris permintaan itu.

Nyatanya, Ricky tertangkap tangan saat tengah melakukan transaksi suap dengan dua anggota DPRD Banten, SM Hartono dan Tri Satrya Santoso. Suap itu diberikan untuk memuluskan pengesahan anggaran pembentukan bank daerah Banten dalam APBD 2016.

Seiring berjalannya penyidikan, KPK mengungkap bahwa sudah ada lebih dari sepuluh orang anggota DPRD Banten yang mengembalikan uang dari Ricky ke KPK. Meski demikian, KPK belum mau membeberkan nama-nama anggota DPRD Banten yang mengembalikan uang panas tersebut sekaligus nilainya. (put/jpg)

loading...
Click to comment
To Top