Sekda Makassar Bingung, Nasib K2 Terancam – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Sekda Makassar Bingung, Nasib K2 Terancam

FAJAR.CO.ID,  MAKASSAR– Pasca diberitakan bahwa pengangkatan ribuan tenaga honorer Kategori 2 (K2) untuk menjadi CPNS tahun 2016 dibatalkan oleh Pemerintah, telah menimbulkan kebingungan banyak pihak.

Tak hanya para tenaga honorer yang bingung, tetapi juga Sekretaris Daerah (Sekda) Makassar, Ibrahim Saleh, merasa bingunng dengan wacana yang dikeluarkan pemerintah pusat yang diungkapkan oleh Yuddy Chrisnandi selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(MenPAN-RB), beberapa waktu lalu.

“Kebijakan itu membingungkan kita semua. Karena menyangkut nasib dan masa depan pengabdian terhadap negara,” kata Sekda Ibrahim Saleh, saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (21/1). Menurutnya, kebijakan tersebut membingungkan pemerintah kabupaten/Kota dan provinsi di Indonesia.

“Bukan hanya Pemkot Makassar, tapi semua daerah Kabupaten/Kota dan Provinsi yang bingung dengan wacana tersebut,” ujarnya. Dijelaskan, pihak Pemkot Makassar sejak tahun 2015 lalu sudah berjanji kepada tenaga honorer K2 untuk diusulkan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tahun 2016.

“Walaupun sudah dijanji pemerintah Daerah untuk memprioritaskan nasib K2, tapi kita tidak bisa melawan aturan pusat,” terangnya.

Meski demikian, mantan Kepala Bapeda Kota Makassar ini berharap kebijakan dan wacana tersebut bisa dikaji ulang oleh pemerintah ousat agar memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah untuk mengangkat
para K2 menjadi PNS.

“Saat ini belum ada surat edaran dari pusat. Kita berharap wacara tersebut dikaji ulang pemerintah pusat agar K2 tersisa ini bisa didorong jadi PNS,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan dan Informasi Kepegawaian BKD Kota Makassar, Ihsan NS mengatakan, pihaknya berharap apa yang diucapkan MenPAN-RB bisa tak terjadi.

“Tentu kita berharap ungkapan MenPAN-RB tak terjadi. Karena K2 di pemkot Makassar berjumlah 1092 orang masih menunggu nasib jadi PNS,” tuturnya.

Dijelaskan, pihaknya tetap menunggu surat edaran resmi dari pusat terkait k2 diangkat atau ditunda nasibnya jadi PNS. “Kami masih menunggu surat resmi dari pusat,”katanya.

Ihsan menambahkan, K2 tersisa di Pemkot Makassar sebanyak 1092 orang, ditambah beberapa tenaga kontrak atau honorer total 4.600 lebih.

Sebelumnya diberitakan, pengangkatan ribuan tenaga honorer kategori 2 menjadi cpns tahun 2016 dibatalkan oleh Pemerintah. MenPAN-RB, Yuddy Chrisnandi mengatakan penyebab alasan pembatalan pengangkatan honorer K2 menjadi CPNS 2016 ditunda PNS karena anggaran dalam rangka penerimaan seleksi rekrutmen pendaftaran cpns dari honorer K2 tidak ada.

Hal ini juga yang menyebabkan moratorium penerimaan CPNS diperpanjang sampai tahun 2016 dari sebelumnya berlakunya moratorium CPNS hanya sampai tahun 2015. (Rakyatsulsel.com)

 

loading...
Click to comment
To Top