Wow.. Ini Dua Batu Akik yang Masih Eksis di 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hiburan

Wow.. Ini Dua Batu Akik yang Masih Eksis di 2016

FAJAR.CO.ID, TREND Batu akik yang menurun begitu saja, berdampak pada sekitar 80% jenis-jenis batu akik mengalami penurunan harga yang cukup drastis. bahkan ada yang suda tidak berharga sama sekali.

Dari pantaua kami, rabu 20/01, pada pusat penjualan batu akik terbesar di jakarta timur, nyatanya ada dua jenis batu akik yang tetap bertahan dengan harga yang cukup fantastik. bahkan tidak mengalami penurunan harga sedikitpun, meskipun kini trend batu akik telah hilang.

Batu Bacan, Batu asal halmahera ini masi menjadi primadona bagi pecinta batu akik, terlebihnya di pusat penjualan batu akik Jakarta Timur.

Batu Tersebut masi tetap pada harga 15 hingga 20 juta rupiah.  Entah kenapa yang menjadikan harga batu tersebut semakin menggila.

Dari penuturan salah satu pedagang batu bacan, Faktor pertama yang menjadikan batu crissocolla calsedon ini tetap eksis adalah pada nilai ekspornya, batu halmahera ini masi diburuh pengusaha cina. maka tak heran jika  sampai sekarang penambang di desa doko halmahera terus melakukan penggalian pada tempat-tempat baru yang diduga tersimpan crisocolla chalsedon. 

Yang kedua, peminat lokal pada batu bacan masi tetap ada. Dibuktikan dengan ramainya kunjungan para pecinta batu di gems center Rawabening terus berdatangan, meskipun tidak sebanding dengan tahun lalu.

Batu Black Opal Kalimaya, Batu yang mempunyai kembang jarong yang unik ini, rupanya menjadi penyaing bagi batu bacan sendiri,  khusunya di Pasar Rawabening, Dari penuturan salah satu penjual batu Black Opal, Batu tersebut dari dulu hingga sekarang tidak mengalami penurunan harga, jika telah muncul kembang jarongnya maka dihargai dengan 10 juta rupiah tergantung ukuran dan banyaknya kembang jarong.

Batu asal banten ini juga  paling banyak diminati di Australia, meskipun australia sendiri merupakan penghasil batu Kalimaya. sehingga batu tersebut tetap bertahan karena mempunyai nilai ekspor. (dal)

 

 

loading...
Click to comment
To Top