Ratusan Eks Gafatar Dipulangkan ke Jatim – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Ratusan Eks Gafatar Dipulangkan ke Jatim

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Sebanyak 515 orang mantan anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dari Mempawah, Kalimantan Barat akan dipulangkan ke Jawa Timur.

Dari 515 ini, 88 di antaranya berasal dari Kota Surabaya, dan termasuk tertinggi dibanding daerah lainnya.

Wakil Gubernur (Wagub) Jatim Saifullah Yusuf mengatakan, Pemerintah Provinsi (pemprov) Jatim kini sedang menyiapkan kepulangan mereka ke Jatim.

“Data yang masuk berjumlah 315 dan dipulangkan hari ini (Jumat, Red). Lalu ketambahan 100 orang lagi yang belum terdata, jadi sementara total 515. Kemungkinan akan terus bertambah,” jelas Gus Ipul, panggilan akrab wagub usai memimpin rapat koordinasi pemulangan warga eks Gafatar di ruang kerjanya seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Jumat (22/1).

Sebanyak 315 anggota eks Gafatar yang bakal dipulangkan pada gelombang pertama ini berasal dari beberapa kabupaten/kota. Rinciannya, tertinggi dari Surabaya 88 orang, Pasuruan 30 orang, Blitar dan Mojokerto 21 orang, Jombang 16 orang, Jember 2 orang, Kediri 19 orang, Lamongan 3 orang.

Dari Malang, Madiun, Gresik dan Sidoarjo masing-masing 14 orang, Magetan 7 orang, Nganjuk dan Ngawi masing-masing 1 orang. Selain itu dariPacitan 3 orang, Probolinggo 6 orang, Ponorogo 9 orang, Tuban 7 orang, Trenggalek 9 orang.

Mereka akan dipulangkan dari Mempawah menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) milik TNI AL hari ini (22/1). Diperkirakan sampai di Semarang hari Sabtu, dan Minggu sudah tiba di Surabaya.

“Sesampainya di Surabaya mereka akan ditampung di gedung Transito milik Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kependudukan (Disnakertranduk) Jatim, Jalan Margorejo 74.

Sistematika pemulangan warga eks Gafatar ini langsung di bawah Kementerian Sosial. Sesampainya di Semarang, mereka akan diidentifikasi ulang sesuai provinsi masing-masing. Setelah itu tanggung jawab diserahkan ke provinsi masing-masing.

Gus Ipul mengatakan, pemprov Jatim telah menyiapkan 13 bus untuk pemulangan eks Gafatar ini. 12 bus berisi warga eks Gafatar, 1 bus untuk cadangan.

Mereka akan mendapat pengawalan ketat dari kepolisian. Bahkan demi keamanan dan kenyamanan, bus-bus berisi warga eks Gafatar tersebut tidak diperkenankan berhenti di tengah perjalanan dalam waktu lama. (nin/no/jpg)

To Top