Fosil Dinosaurus Usia 165 Juta Tahun Ditemukan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Fosil Dinosaurus Usia 165 Juta Tahun Ditemukan

FAJAR.CO.ID, PETERBOROUGH – Para ahli purbakala baru-baru ini menemukan tulang belulang dinosaurus yang diperkirakan berusia 165 juta tahun di Peterborough, Inggris.

Tulang belulang reptil laut sepanjang 5,5 meter ditemukan pada November 2014 oleh paleontologis Dr. Carl Harrington dari Oxford Clay Working Group.

Disebutkan Telegraph, Dr. Harrington dan tim yang berjumlah delapan orang menggali lebih dari 600 fosil tulang dan menghabiskan waktu lebih dari 400 jam untuk membersihkan fosil-fosil itu.

Tulang belulang hewan bertulang belakang itu kini disimpan di Museum Sejarah Alam Universitas Oxford dan diberi nama sandi Eve.

“Ini merupakan salah satu momen yang membikin wow. Saya adalah manusia pertama yang berhadap-hadapan dengan reptil ini,” ujar Dr. Harrington.

“Saya tidak pernah melihat begitu banyak tulang dalam sebuah tempat. Saat saya menggali tanah lempung basah, bagian wajah plesiousaurus itu muncul di depan saya,” sambungnya.

Plesiousaurus adalah makhluk yang memiliki leher panjang dan hidup pada masa dinosaurus. Mereka punah sekitar 66 juta tahun lalu. Plesiousaurus yang ditemukan ini memiliki leher sepanjang 2,5 meter, empat kaki yang berfungsi sebagai pendayung dan ekor yang pendek. Tulang belulangnya terlindungi di dalam tanah lempung. (dem/rmol)

Click to comment
To Top