Kenali Sebab Ereksi Terhambat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Interest

Kenali Sebab Ereksi Terhambat

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Beberapa pria mungkin saja pernah mengalami sulitnya ereksi. Atau tidak mampu mencapai dan mempertahankan ereksi saat melakukan hubungan intim.

Spesialis Urologi RS. Internasional Wahidin Sudirohusodo (RSWS), dr. Azwar Amir, Sp.U, Rabu, 4 Februari menuturkan bahwa ereksi pada dasarnya dilatari adanya hasrat atau rangsangan. Sedang hasrat sangat dipengaruhi hormon testosteron.

“Makanya itu seseorang yang tidak bisa ereksi harus ditanya dulu libidonya. Libido tidak ada ya harus periksa hormon testosteronnya,” katanya.

Dokter yang juga berpraktek di kompleks IDI Makassar ini menjelaskan, testosteron berperan sangat penting dalam fungsi seksual seorang pria. Seorang biasanya mengalami penurunan hormon akibat faktor usia. Sebab, usia menyebabkan hormon tidak diproduksi.

Lainnya adalah adanya saraf rusak di daerah organ vital pria. Misalnya akibat mengalami kecelakaan. Inipun, kata dia mengakibatkan seseorang tidak bisa ereksi.

Selanjutnya apabila seseorang menderita strok, atau seseorang yang menderita penyakit gula (diabetea mellitus). Alasannya penyakit gula membuat darah tidak lancar ke penis ssehingga ereksi menjadi terhambat.

“Jadi multifaktor, tetapi beda halnya ketika ereksi terhambat di tengah jalan. Ini biasanya akibat kondisi psikis (kejiwaan) seseorang,” ungkapnya.

Faktor penghambat lainnya adalah ketika pasangan berbuat sesuatu di luar batas. Misalkan menggigit dan mencengkram terlalu kuat. Hal tersebut diungkapkan Psikolog UNM, Widyastuti, S.Psi, M.Si.

“Kadang juga terhambatnya ereksi diakibatkan pria terkejut. Misalnya saja ketika istrinya tiba-tiba batuk. Bisa juga karena pasangan terlalu banyak bicara,” ujarnya.

“Istri banyak bicara terkadang membuat mood suami hilang. Akibatnya ereksi menjadi terhambat,” sambung Widya.

Dosen UNM ini juga mengungkapkan, berhubungan membutuhkan kerjasama yang baik. Jika salah satu melakukan terpaksa, ini bisa menjadi faktor penghambat ereksi.

“Ketika ereksi tidak maksimal, suami pasti akan badmood dan menjadikannya tidak nyaman. Dampak psikologisnya adalah suami bisa kesal dan marah. Ibaratnya lari tiba-tiba dijegal. Memulai dari awal agak susah. Makanya saat berhubungan diusahakan pikiran jangan kemana-mana. Jangan juga komen dan sebagainya,” kuncinya.(*)

————-

loading...
Click to comment
To Top