Ow… Nenek Moyang Makassar Katanya dari Taiwan, Benar kah? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Ow… Nenek Moyang Makassar Katanya dari Taiwan, Benar kah?

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Nenek moyang Suku Makassar dengan Taiwan ternyata punya hubungan erat. Meskipun dari letak geografis, jarak Indonesia dan Taiwan itu jauh, namun beberapa kebudayaan dan jenis kuliner menunjukkan adanya kesamaan.

“Sebagai contoh, saya pernah makan di gedung tertinggi Taiwan, di Taipei 101. Di lantai 86, saya ditawari makanan yang persis sama pisang hijau,” kata Alwi Hamu, Chairman Harian Fajar, saat menjamu para tamu undangan dari Taiwan, di Graha Pena, Minggu 24 Januari.

Di depan para undangan dari Taipei Economic and Trade office (TETO) Team, dan International Cooperation Development Fund (ICDF), Alwi Hamu menceritakan pernah ditawari makan oleh seorang anggota parlemen yang asli Taiwan.

“Saya ditawari makanan berbahan sirih pandan. Katanya makanan ini adalah penghormatan untuk tamu. Makanan seperti ini juga banyak di kampung saya,” ujarnya.

Dari sisi sejarah, itu bisa dibuktikan. Nenek Moyang Makassar, kerap melakukan pelayaran ke arah Timur, dengan seratusan armada kapal. Namun, angin selatan, atau angin taifuun, kerap menggiring mereka ke arah Taiwan.

Orang-orang Makassar pun diketahui kerap menghabiskan waktu di Taiwan, sambil menunggu iklim stabil, lalu kembali melanjutkan perjalanan ke Timur. Beberapa di antaranya bahkan memperistri warga lokal, dan beranak pinak. “Makanya, Taiwan dan Indonesia ini punya hubungan yang erat. Tidak salah jika kedua daerah ini membangun hubungan dagang,” katanya. (hasbi zainuddin/fajaronline.com)

loading...
Click to comment
To Top