Pentingnya Membentuk Kepercayaan Diri pada Anak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Pentingnya Membentuk Kepercayaan Diri pada Anak

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Anak kebanyakan berhasil didasari dengan rasa percaya diri (PD) yang tinggi. Nah, untuk membentuk rasa PD, harus dibentuk sejak dini.

Psikolog Pendidikan dan Perkembangan Universitas Negeri Makassar (UNM), Eva Meizara Puspita Dewi SPsi MPsi Psikolog menuturkan, rasa percaya diri (PD) anak dibentuk saat berusia lima tahun ke bawah.

“Orang tua jangan suka memarahi anaknya. Kalau anaknya salah, sebaiknya dinasehati. Mengapa hal yang dilakukan anak itu keliru sehingga ke depan anak akan mengerti sendiri. Apa yang akan dilakukannya benar atau tidak,” kata ibu empat anak ini.

Menurutnya, penting bagi orang tua memberi contoh atas tindakan yang baik kepada anaknya. Apabila ayah atau ibunya peragu atau cemas, maka anak bisa saja mengikuti hal seperti itu. Oleh karenanya, kalau ingin anaknya PD, maka orang tua perlu juga memiliki rasa PD.

“Sebaiknya orang tua juga senantiasa mengajak anak untuk berdiskusi. Ajarkan padanya untuk bisa memutuskan pilihan. Sehingga pada saat memilih, dia memiliki rasa percaya diri atas pilihannya,” ucap wanita kelahiran Malang, 23 Mei 1977.

loading...
Click to comment
To Top