Pilkades di Maros Tunggu Anggaran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Pilkades di Maros Tunggu Anggaran

FAJAR.CO.ID,  MAROS — Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) bakal digelar serentak di Maros. Terdapat 14 Desa yang akan memilih pemimpin baru, namun rencana pelaksanaanya sudah beberapa kali diundur karena pelbagai sebab.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan Pemkab Maros, Andi Muchsin menjelaskan, selain mempelajari sejumlah aturan baru terkait Pilkades, pihaknya juga menunggu cairnya anggaran.

“Kita perkirakan anggaran baru cair bulan depan, sehingga Pilkades kemungkinan baru bisa dihelat pada Maret,” jelasnya.

Sebelumnya, Pilkades rencananya digelar antara Mei hingga Oktober tahun lalu, namun beberapa kali mengalami penundaan. Setelah diundur karena momentum Pilkada serentak, kini yang jadi penyebab adalah anggaran yang belum cair dan sejumlah aturan baru, seperti kandidat calon kades maksimal lima orang,

Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa (Apdesi) Maros Abdul Asiz menyarankan, jika Pilkades digelar Maret seharusnya saat ini sudah ada tahapan. Diantaranya penyampaian jadwal kepada plt kades, sosialisasi regulasi, hingga kampanye calon. “Sambil tunggu anggaran cair,” kata Azis.

Desa yang bakal menggelar pilkades masing-masing Desa Pettanyamang, Tellupanuae, Tanete, Bontotallasaa, Damai, Purnakarya dan Toddolimaei, Benteng Gajah dan Bontomatinggi, Tupabiring dan Marannu. “Semuanya desa yang kondusif. Pantauan kami tidak ada potensi konflik,” imbuh Ketua PSSI Maros itu.

Asiz menambahkan, ada tiga kades yang masa jabatannya akan berakhir Januari 2017, sementara pilkades baru akan digelar lagi tahun 2019. Ketiga desa itu antara lain Botolempangan, Timpuseng, dan Botomanurung “Ini harus diminta kesediaannya dan dibuatkan pernyataan tertulis apakah bersedia memangkas masa jabatannya,” tutupnya.(M Haris Syah/fajaronline.com)

loading...
Click to comment
To Top