25 Kios di Kudus Plasa Terancam Ditutup, Ini Penyebabnya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

25 Kios di Kudus Plasa Terancam Ditutup, Ini Penyebabnya

Teks.

 

KUDUS – 25 kios di pertokoan Kudus Plasa terancam ditutup oleh Pemkab Kudus karena belum melakukan perpanjangan sewa. Mereka sudah diberikan surat tentang pemberitahuan eksekusi apabila tidak memperpanjang sewa dengan batas akhir 9 Februari 2016.
Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus, Noor Yasin, di ruang kerjanya, siang tadi (26/1).
“Kita sudah mengirimkan surat dengan nomor 030/0273/01 tanggal 21 Januari 2016. Kalau tidak mendapat tanggapan dari para penyewa itu ya akan dilakukan eksekusi berupa penyegelan dan penutupan kios. Kemudian kios akan dialihkan hak sewanya kepada pihak lain yang membutuhkan,” tegas Noor Yasin.
Menurut Noor Yasin, jumlah kios sebanyak 100 kios namun 75 lainya sudah melakukan perpanjangan hak sewa ke Pemkab Kudus bukan ke pengelola Kudus plasa karena tidak melakukan perpanjangan.
Dijelaskan, sebelumnya pertokoan modern tersebut dikelola oleh PT Pratama Eradjaya (PED) dengan perjanjian kerjasama nomor 2 tahun 1988 tanggal 11 Oktober 1988. Kemudian diadendum terakhir dengan nomor 3 tahun 1989 dan berakhir tanggal 5 Juni 2009.
Nah, perusahaan itu kemudian mengajukan permohonan perpanjangan HGB diatas HPL dan permohonan tersebut tidak dikabulkan. Sebab PT PED tidak memenuhi syarat administrasi.
“Seperti tidak dapat mengoptimalkan pemanfataan gedung terutama lantai III. Kondisinya kumuh dan mangkrak,” terangnya.
Melihat kondisi ini kemudian himpunan pedagang Kudus Plasa (HPKP) melalui surat 29 Mei 2009 nomor 29 Mei 2009 mengajukan permohonan perpanjangan HGB. Mendapatkan surat ini Pemkab Kudus melakukan konsultasi ke BPN pusat, Kanwil BPN Prov Jateng dan Biro Hukum Pemprov Jateng.
“Hasilnya, boleh diperpanjang adalah bukan hak milik tetapi hak guna bangunan diatas HPL. Kemudian tarif sewa disesuaikan dengan perda nomer 12 tahun 2011 tentang retribusi pemakaian kekayaan daerah,” ungkapnya.
“Jangka waktu sewa selama 5 tahun dan bisa diperpanjang 3 kali,” imbuh pejabat yang hari ini berulang tahun itu. (sf)

Click to comment
To Top