Astaga.. Ada 281.211 Pengangguran Sulsel di Tahun 2015 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Astaga.. Ada 281.211 Pengangguran Sulsel di Tahun 2015

FAJAR.CO.ID,  MAKASSAR,  – Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Selatan (Sulsel), angkatan kerja tahun 2015 berjumlah 3.755.870 orang. Itu terdiri dari 3.537.559 orang yang bekerja dan 281.311 orang yang tidak bekerja (pengangguran terbuka) atau Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) sebesar 62.1 persen dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 5.8 persen.

Adapun lapangan kerja utama tenaga kerja tersebut didominasi sektor pertanian 41 persen, perdagangan 20 persen, industri pengelolaan 6 persen, jasa-jasa 17.4 persen, dan lainnya 14.7 persen.

Menurut Kepala Disnakertrans Sulsel Simon Lopang, jumlah tersebut tidak terlalu banyak. Dikatakan, yang menambah pengangguran adalah alumni SMA/SMK dan perguruan tinggi.

“Ini disebabkan dua tahun tidak ada penerimaan PNS. Itu jelas menambah jumlah pengangguran. Tapi, Insya Allah 2016, pengangguran bisa kita tekan,” ungkapnya di Kantor Gubernur beberapa waktu lalu.

Untuk menekan angka pengangguran, jelasnya, akan akan ada pelantikan asosiasi instruktur Indonesia yang dilaksanakan di kantor gubernur Februari mendatang. Itu merupakan salah satu upaya yang dilakukan agar instruktur yang ada di lembaga-lembaga kerja dan balai pelatihan kerja berperan aktif melakukan pelatihan kepada calon-calon tenaga kerja.

“Kalau itu sudah terlaksana, maka lembaga pelatihan kerja bisa bekerjasama dengan perusahaan terkait lowongan kerja. Jadi, alumni dari latihan kita kerja ini bisa dipekerjakan di perusahaan,” tuturnya. (rakyatsulsel.com)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top