Dewan Pendidikan Maros Minta Guru Waspadai Ajaran Radikal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Dewan Pendidikan Maros Minta Guru Waspadai Ajaran Radikal

FAJAR.CO.ID, MAROS — Mengantisipasi masuknya ajaran-ajaran berunsur kekerasan dan radikalisme, sekolah dan orang tua diminta waspada terhadap konten buku pelajaran sekolah.

Pemerhati dan Dewan Pendidikan Maros Lory Hendradjaya menuturkan, guru mesti rajin memeriksa buku-buku yang menjadi pegangan siswa. Hal itu bertujuan untuk menghindari paham radikalisme masuk di kalangan siswa.

Direktur BSFM itu menuturkan, pengawasan bahan bacaan penting. Pasalnya guru sering menerima tawaran buku dari penerbit tanpa membaca dulu isi buku tersebut. “Demikian pula orang tua sebaiknya mengawasi pelajaran anak anaknya, harus dibangun komunikasi antara anak dan orang tua. Termasuk saat mereka mengerjakan pekerjaan rumahnya,” ungkapnya, sesaat lalu.

Dinas pendidikan juga harus proaktif dan mengevaluasi buku buku yang beredar di Maros. Utamanya buku tingkat Tk dan Sekokah Dasar kelas rendah yang ada di kelas 1.2.3. “Karena Tk dan SD merupakan kelas rendah, secara psikologi akan membekas dalam memori mereka semua pengetahuan awal yang mereka terima,” jelasnya.

Bila mengikuti perkembangan pendidikan di Indonesia pada umumnya, sebelumnya memang Kementerian Pendidikan pernah mengeluarkan surat edaran yang melarang bahan mengajar di tingkat TK dan SD yang menampilkan kekerasan. Hal itu merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 82 tahun 2015 tentang pencegahan dan penanggulangan tindakan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan.

Karenanya memasuki semester kedua ini, sebaiknya guru memberikan waktu luang untuk mulai memperhatikan buku pelajaran sebelum membahasnya di kelas. (M Haris Syah/FAJARONLINE)

 

 

loading...
Click to comment
To Top