Dua Bulan, Cetak Uang Palsu di Tempat Kost – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Dua Bulan, Cetak Uang Palsu di Tempat Kost

PATI – Anggota Satuan Reskrim Polres Pati, berhasil mengamankan tiga orang yang diduga merupakan sindikat pembuat dan pengedar uang palsu di Kota Pati.

Ketiganya digerebek dari tempat kost yang berada di Desa Geritan RT 3 RW 1, Kecamatan Pati Kota, pada Rabu (27/1) kemarin.
Ada pun ketiga orang yang berhasil diamankan polisi masing-masing berinisial SY, PB, dan SAD, semuanya merupakan warga Pati.
Salah orang yang berhasil diamanka SY, yang juga diduga sebagai otak pelaku menyebutkan, kegiatan pembuatan uang palsu ini sudah dilakukan sejak dua bulan terakhir.
“Saya hanya bertugas mencetak uang palsu, sementara untuk peredarannya saya tidak tahu,” ujar SY.
Dari ketiga lokasi penggerebekan, polisi mengamankan barang bukti berupa ratusan lembar uang palsu pecahan Rp 50 ribu yang belum dipotong, unit komputer dan printer, peralatan sablon, cat, alat pemotong, lembaran kertas kosong, serta pita hologram.
Kapolres Pati AKBP R Setijo Nugroho melalui Kasat Reskrim AKP Agung Setyo menyebutkan, penangkapan ketiga pelaku merupakan pengembangan kasus dari Polres Banyuasin, Sumatera Selatan.
“Ini adalah kasus pengembangan dari peredaran uang palsu yang beredar di Banyuasin. Setelah berkoordinasi dengan petugas Polres Banyuasin, kami melakukan penangkapan ketiga pelaku yang diduga mencetak uang palsu di Pati,” terangnya.
Saat ini, polisi masih melakukan penyelidikan dan pengembangan atas kasus ini. Jika terbukti bersalah, ketiga pelaku terancam Pasal 244 dan 245 KUHP tentang Mata Uang, dengan ancaman 15 tahun kurungan penjara. (ed)

Click to comment
To Top