Eks Pengikut Gafatar Sulsel Tiba di Makassar Malam Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Eks Pengikut Gafatar Sulsel Tiba di Makassar Malam Ini

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sebanyak 249 warga Sulsel eks pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang diberangkatkan Pelabuhan Semayang Hop, diperkirakan bakal tiba di Pelabuhan Soekarno-Hatta hari ini, Rabu (27/1), pukul 19.00 Wita.

Beberapa daerah pun disebutkan telah menyatakan kesiapannya untuk menjemput warganya masing-masing, di antaranya Maros, Gowa, Luwu Utara (Lutra), Makassar, Takalar, Sinjai, Enrekang, dan Bantaeng. Informasi itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Sulwesi Selatan (Sulsel) Andi Ilham Gazaling saat ditemui di Kantor Gubernur, Rabu (27/1).

Bagi daerah yang belum bisa menjemput warganya, pihak Dinsos Sulsel akan menyiapkan penampungan di Asrama Haji Sudiang. “Sudah ada dapur umum yang disiapkan Dinas Sosial, dan juga lauk pauk. Sudah lengkap,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah daerah pasti sudah melaksanakan berbagai persiapan untuk menerima warganya, baik dalam bentuk pembinaan maupun pengembalian ke masyarakat dan keluarga.

“Dinas sosial dan Kanwil Agama yang melakukan pembinaan, kemudian dikembalikan ke keluarganya dan bisa berbaur ke masyarakat kembali,” tuturnya.

Khusus untuk anak-anak, kata dia, akan dilakukan pembinaan mental. Ia pun mengimbau Dinas Pendidikan Kabupaten untuk ikut mengantisipasi hal-hal terkait penolakan penerimaan eks Gafatar dalam masyarakat setempat.

“Saya pikir mereka akan melakukan adaptasi untuk bisa diterima. Saya yakin,” ucap Andi Ille sapaan akrab Andi Ilham Gazaling.(RAKYATSUULSEL)

loading...
Click to comment
To Top