Empat Makanan yang Bisa Hasilkan Racun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Interest

Empat Makanan yang Bisa Hasilkan Racun

download (10)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sejak kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin yang tewas usai ngopi di sebuah kafe di Grand Indonesia, racun sianida mulai banyak diperbincangkan. Menurut Center for Desease Control and Prevention (CDC) di AS seperti yang dilansir meetdoctor.com menyebutkan, beberapa makanan secara alami akan menghasilkan racun sianida atau senyawa racun yang menjadi cikal-bakal sianida atau jenis racun lainnya.

Inilah makanan yang banyak dikonsumsi dan ternyata mengandung racun:

Kacang-kacangan 
Banyak kalangan menganggap kacang-kacangan adalah makanan kesehatan yang banyak digunakan untuk campuran sup atau dimasak tersendiri dengan bumbu tertentu.

Selain itu kacang-kacangan juga cenderung menjadi makanan pokok penganut vegetarian, karena kaya nutrisi seperti serat, protein, karbohidrat, folat, dan zat besi.

Namun, sapi sebagai bagian dari pertahanan alami mereka, kacang-kacangan sebenarnya juga dilengkapi dengan sejumlah besar senyawa lektin yang berfungsi sebagai insektisida atau pembunuh serangga alami.

Senyawa ini juga bisa berakibat buruk bagi manusia jika Anda salah cara mengolahnya.

Kacang merah mentah, misalnya, mengandung racun  phytohaemagglutinin yang dapat menyebabkan mual ekstrim diikuti oleh muntah, sakit perut dan diare dalam waktu tiga jam setelah mengonsumsinya.

Apel, ceri, persik, dan plum
Buah-buahan yang disebut di atas juga mengandung sianida alami. Bagian lubang berisi biji di dalam apel, ceri, plum dan persik tidak seharusnya dirusak dengan cara apapun, entah itu digigit apalagi dikunyah karana akan mengaktifkan zat sianida di dalamnya.

Cara paling baik makan buah-buahan ini adalah makan hanya daging buahnya dan buang bagian tengahnya.

Almond 
Umumnya dianggap sebagai kacang, padahal almond masuk dalam golongan biji-bijian. Almond mentah rasanya pahit dan mengandung sianida alami. Dan benar saja banyak orang mengatakan bahwa sianida berbau seperti almond mentah.

Menggigit dan mengunyah almond mentah dengan cara apapun akan mengaktifkan kandungan sianida di dalamnya.  Makan  4-5 buah almond pahit akan menyebabkan pusing, mual, dan kram perut.

Ikan blowfish
Beberapa orang menyebutnya ikan buntel. Blowfish, atau fugu, terkenal karena jumlah mematikan racun tetrodotox di dalam organnya. Ketika ikan ini tidak diolah dengan benar, racun akan melumpuhkan otot-otot orang yang mengonsumsinya, juga menyebabkan mual, pusing dan muntah pada beberapa kasus. Belum ada obat penawar untuk racun yang berasal dari ikan ini. (meetdoctor/mas/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top