Ini Cara Tes Kesuburan Pria – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Ini Cara Tes Kesuburan Pria

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pasangan yang baru saja menikah tentu mendambakan keturunan. Cek pranikah menjadi caranya untuk mengantisipasi kesuburan pada pria loh.

Spesialis Urologi Rumah Sakit Universitas Hasanuddin, dr Syakri Syahrir SpU menuturkan, bagi seorang pria meski tidak diwajibkan memang sebaiknya melakukan cek pranikah. Paling tidak mengetahui kesuburan atau memudahkan untuk mendapatkannya.

Selain kesehatan tubuh secara keseluruhan, juga penting mengetahui adanya gangguan di area reproduksi. Misalkan gangguan anatomi organ intim.

Dokter yang berkantor di Divisi Urologi Departemen Bedah Fakultas Kedokteran Unhas ini juga menyampaikan behwa yang terpenting disadari adalah hormonal. Hormon testosteron berpengaruh terhadap reproduksi sperma.

“Selanjutnya melakukan pengecekan apakah testis memproduksi sperma atau tidak, apakah testis hanya satu atau apakah testis dua tetapi yang satunya besar satunya lagi kecil atau tidak karena ini berpengaruh terhadap infertilitas (kesuburan) seorang pria,” ujarnya.

Hanya saja, kata Syakri, besar kecilnya testis bukan berarti tidak normal. Perlu dilakukan pengecekan untuk memastikan normal tidaknya. Bisa jadi ukuran kecil testis masih masuk kategori normal.

Cek pranikah lanjutnya untuk memastikan ada tidaknya kelainan semisal parikokel. Parikokel merupakan pembesaran pembuluh darah di dalam skrotum, kantong kulit longgar yang menahan testikel. Melalui pengecekan, lanjutnya paling tidak bisa dikonsultasikan untuk pengobatan.

Selain itu, ada juga masalah hipospadia, yakni lubang kencing tidak di ujung penis, sehingga saat berhubungan cairan meleset sehingga sulit memiliki keturunan. Pun dengan penis bengkok, hal ini juga memungkinkan terjadinya kesulitan untuk mendapatkan keturunan.

Pengecekan pra nikah sebaiknya dilakukan baik pria maupun wanita. Selain pengecekan kesehatan juga penting pengecekan alat reproduksi.

To Top