Ini Hal yang Anda Harus Tanyakan ke Polisi Jika Anda Ditilang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Ini Hal yang Anda Harus Tanyakan ke Polisi Jika Anda Ditilang

FAJAR.CO.ID, –Hal yang peling membuat para pengguna kendaraan roda dua atau roda empat merasa kesal adalah tindakan para anggota Polisi lalu lintas yang kerap melakukan sweeping-sweeping Ilegal, Mereka juga sering meraup keuntungan dari kesalahan-kesalahan para pengendara, tanpa harus melakukan tilang sesuai dengan UU Lalu Lintas yang berlaku.

Nah Bagi anda pengguna kendaraan, suda saatnya jangan anda selalu tertipu dengan aksi-aksi para oknum anggota lalulintas tersebut. Anda harus pintar-pintar mempelajari UU lalu lintas agar dapat menjadi argument jika anda berpas-pasan dengan sweeping, entah sweeping yang legal, ataupun illegal.

Berikut hal-hal yang anda harus perhatikan, dan akan menjadi pegangan anda:

1.   Ada Tanda Papan Pemberitahuan

Pada Pasal 15 ayat (1) sampai dengan (3) PP 42/1993 dinyatakan bahwa setiap tempat pemeriksaan/razia harus dilengkapi dengan tanda yang menunjukkan adanya pemeriksaan kendaraan bermotor, Nah jika anda di sergap dengan tiba-tiba oleh salah satu Polisi lalulintas, hal yang harus anda tanyakan adalah TANDA PAPAN PEMBERITAHUAN, sesuai dengan pasal dan ayat tersebut.

2.   Petugas Memiliki Surat Tugas yang Sah

Dalam pasal 13 PP 42/1993 dijelaskan bahwa seorang petugas yang melaksanakan razia wajib membawa surat tugas. Hal ini suda sering menjadi argument bagi para pengendara, namun jangan sekedar berargumen jika tidak tahu pasalnya. Nah, Mintalah Surat Tugas yang sah sebagaimana tercantum dalam pasal tersebut. Jika Polisi Tidak dapat menunjukan surat Tugas, maka Itu bukan Sweeping yang Sah.

Kemudian dalam Pasal 14 PP 42/1993 dinyatakan bahwa surat tugas tersebut harus memuat beberapa hal penting seperti; alasan dan jenis pemeriksaan, waktu pemeriksaan, penanggung jawab pemeriksaan, daftar petugas pemeriksa, dan daftar pejabat penyidik yang ditugaskan selama pemeriksaan.

3.   Razia Malam Hari Harus Disertai Papan Bercahaya Berwarna Kuning

Razia pada mala hari juga sama dengan razia pada siang hari, yakni harus adanya papan pemberitahuan pemerikasaan, surat-surat tugas, namun yang harus di tambahkan pada malam hari adalah papan Bercahaya Berwarnah Kuning.

4.   Petugas Wajib Memakai Seragam Beserta Artibutnya

Dalam pasal 16 PP 42. 1993ayat 1 mengatakan bahwa “pemeriksa yang melakukan tugas pemeriksaan wajib menggunakan pakaian seragam, atribut yang jelas, tanda-tanda khusus sebagai petugas pemeriksa dan perlengkapan pemeriksaan.” Kemudian  dalam pasal yang sama ayat 2 mengatakan bahwa “pakaian seragam, atribut, tanda-tanda khusus dan perlengkapan pemeriksaan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) ditetapkan oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia dan Menteri. Nah anda juga harus menanyakan hal ini.

5.   Jangan Banyak Berargumen

Maksudnya, Jangan banyak Nego/ berargumen, jika anda salah, dan kepolisian telah memenuhi semua persyaratan diatas. Ikutilah UU yang berlaku. Berhentilah melakukan tindakan suap menyuap.  (*Dal)

 

loading...
Click to comment
To Top